Enak Mana, Nasi Goreng Nanas atau Ayam Goreng Cabe?

Kompas.com - 18/05/2012, 06:23 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Rasanya sudah lama sekali kami tidak menyentuh makanan ala Thai. Kangen juga dengan sensai rasa asam, segar, dan spicy khas masakan Thailand. Kebetulan kami sedang ada di Plaza Senayan, dan ada resto khas Thailand, Long Grain. Lokasinya berada di lantai dua, di pojok, berdekatan dengan salon Jhony Andrean. Tempatnya agak di pojok, jadi sangat nyaman dan tidak bising.

Long Grain sendiri mewakili beras khas Thailand yang panjang-panjang. Dan menu-menu di Long Grain ini berkonsep Thai & Western. Ada menu starter seperti Gai Hor Bai Toey (Ayam Pandan), Poh Pia Gai (Chicken Spring Rolls), dan Thod Man Ghoong (Prawn Cakes).

Kemudian untuk nasinya yang paling favorit di Long Grain adalah Khao Phad Pu (Crab Fried Rice) Rp 48.000. Kemudian Khao Pad Sapparot (Pineapple Fried Rice) Rp 45.000. Kalau Anda mau menu sup, ada juga Tom Yum Ghoong Rp 35.000. Untuk saladnya pun sangat bercirikan Thailand, Yum Mamuang (Mango Salad) Rp 20.000. Ada cukup banyak pilihan disini.

Kami berdua akhirnya memilih Nasi Goreng Nanas, Ayam Pandan, dan menu baru mereka yaitu Ayam Goreng Cabe. Untuk menu pembukanya kami memang sengaja memilih Ayam Pandan, seporsi berisi 4 potong ayam fillet yang dibungkus daun pandan. Daging ayamnya memang sangat terasa bumbunya, karena dagingnya direndam terlebih dahulu dengan bumbu–bumbu seperti kecap asin, minyak wijen, garam dan merica. Agak manis dan gurih, dan tidak ketinggalan aroma pandan yang sangat kental membuat ayam ini jadi terasa lebih nikmat.

Nasi goreng Nanas (Khao Pad Sapparot) disajikan pada sepotong nanas, nasi gorengnya ada kimis dan nanasnya, sehingga ada sensasi rasa asam manisnya. Kemudian ada Udang, dan potongan wortelnya juga. O iya tidak ketinggalan kacang mede dan abon ayam menghiasi nasi gorengnya. Enak lho.

Yang terakhir adalah Ayam Goreng Cabe, nah bagi yang suka pedas... menu satu ini tidak boleh Anda lewatkan kalau mampir ke Long Grain. Daging ayam yang digoreng tepung kering, kemudian di campur dengan bawang putih, cabe rawit dan irisan mangga muda. Ada taburan cabe bubuknya juga, jadi pedasnya mantep bener. Sudah ada cabe rawit, masih ditambah dengan cabe bubuk...mantap!! Enak banget yang ini. (Ita)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X