Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Bumbon Pak Rohmad, Menambah Gairah Kerja

Kompas.com - 20/05/2012, 05:53 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sate sapi bumbon di Kecamatan Pegandon, Kendal, Jawa Tengah ini, rasanya sangat khas. Bumbunya meresap ke daging. Menurut Rohmad sang pemilik warung, proses pembuatan sate bumbon daging yang mau disate, dibalur dengan bumbu-bumbu penyedap.

Setelah daging ditusuk, sebelum dibakar daging tusukan itu kembali dicelupkan ke bumbu penyedap, sehingga resapan bumbu benar-benar terasa. Proses pencampuran bumbu hingga dua kali ini yang menjadikan sate bumbon terasa sedap.

"Sebelum irisan daging sapi ini ditusuk, terlebih dahulu direndam dengan air yang sudah dicampur dengan bumbu penyedap, agar meresap," ujar Rohmad.

Harga per tusuk sate bumbon, menurut Rohmad, cukup terjangkau. Satu porsi sate bumbon berisi 10 tusuk, dihidangkan bersama dengan sayur nangka dan tauge sebagai menu pendamping hanya Rp 25.000.

Dalam seharinya, Rohmad mengaku mampu menjual hingga 1.000 tusuk sate sapi Bumbon ini. Pelanggannya tidak hanya dari sekitar Kabupaten Kendal, namun juga berbagai daerah di sekitarnya.

"Pelanggan saya ada yang dari Jakarta. Ia meluangkan waktu untuk singgah di warungnya yang terletak di sebelah timur perempatan lampu merah Desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, bila melintas di Kendal," katanya.

Rohmad menambahkan, sate sapi bumbon miliknya bisa menambah gairah kerja bagi yang menikmatinya. Seperti yang diakui oleh Unggul Priambodo, salah satu pelanggannya. Menurut Unggul, selain nikmat, badannya terasa segar sesudah makan sate sapi bumbon pak Rohmad. "Gairah kerja kembali ada," tambahnya sambil senyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com