Kompas.com - 20/05/2012, 05:53 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KENDAL, KOMPAS.com - Sate sapi bumbon di Kecamatan Pegandon, Kendal, Jawa Tengah ini, rasanya sangat khas. Bumbunya meresap ke daging. Menurut Rohmad sang pemilik warung, proses pembuatan sate bumbon daging yang mau disate, dibalur dengan bumbu-bumbu penyedap.

Setelah daging ditusuk, sebelum dibakar daging tusukan itu kembali dicelupkan ke bumbu penyedap, sehingga resapan bumbu benar-benar terasa. Proses pencampuran bumbu hingga dua kali ini yang menjadikan sate bumbon terasa sedap.

"Sebelum irisan daging sapi ini ditusuk, terlebih dahulu direndam dengan air yang sudah dicampur dengan bumbu penyedap, agar meresap," ujar Rohmad.

Harga per tusuk sate bumbon, menurut Rohmad, cukup terjangkau. Satu porsi sate bumbon berisi 10 tusuk, dihidangkan bersama dengan sayur nangka dan tauge sebagai menu pendamping hanya Rp 25.000.

Dalam seharinya, Rohmad mengaku mampu menjual hingga 1.000 tusuk sate sapi Bumbon ini. Pelanggannya tidak hanya dari sekitar Kabupaten Kendal, namun juga berbagai daerah di sekitarnya.

"Pelanggan saya ada yang dari Jakarta. Ia meluangkan waktu untuk singgah di warungnya yang terletak di sebelah timur perempatan lampu merah Desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, bila melintas di Kendal," katanya.

Rohmad menambahkan, sate sapi bumbon miliknya bisa menambah gairah kerja bagi yang menikmatinya. Seperti yang diakui oleh Unggul Priambodo, salah satu pelanggannya. Menurut Unggul, selain nikmat, badannya terasa segar sesudah makan sate sapi bumbon pak Rohmad. "Gairah kerja kembali ada," tambahnya sambil senyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.