Gubernur Bali: Jaga Kelestarian Subak

Kompas.com - 22/05/2012, 15:10 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com — Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua pihak dapat menjaga kelestarian subak dengan berbagai upaya, terkait dengan telah ditetapkannya sebagai Warisan Budaya Dunia  oleh UNESCO. "Saya kira bagus dengan pengakuan itu. Kita semua wajib menindaklanjuti dengan menjaga melalui berbagai usaha, baik secara kelembagaan, peraturan, dan pendanaan," kata Pastika di Denpasar, Bali, Selasa (22/5/2012).

Dengan demikian, menurut Pastika, maka akan menjadi upaya serius untuk benar-benar mampu menjaga warisan yang sudah diakui oleh dunia itu.

Adapun upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah, kata mantan Kapolda Bali ini, bisa dilakukan dengan penambahan anggaran, ataupun nanti dijabarkan dalam bentuk peraturan gubernur sebagai tindak lanjut adanya ranperda subak yang sedang masih dalam tahap pembahasan.

Gubernur Bali melanjutkan, pihaknya juga akan mengkaji kemungkinan dibentuknya suatu lembaga perlindungan khusus untuk subak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika mengatakan hal senada bahwa penetapan sistem budaya subak oleh UNESCO memerlukan dukungan pelestarian lahan pertanian dari semua pihak agar tetap berkelanjutan.

"Dengan pengakuan ini, memang sebagai daerah pariwisata akan menambah daya tarik daerah kita, hanya saja sekaligus menjadi tantangan untuk pelestarian lahan subak itu sendiri melalui regulasi dan dukungan masyarakat," katanya.

Terkait dengan tantangan terjadinya alih fungsi lahan pertanian, Suastika mengharapkan ada langkah strategis dan terintegrasi dengan berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X