Kompas.com - 26/05/2012, 08:20 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com — Kelenteng selalu menarik untuk dikunjungi. Di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat tempat ibadah yang menjadi tujuan para wisatawan. Kabar paling terkenal di balik tempat ini adalah khasiat air yang konon dapat membuat orang awet muda.

Tempat ibadah ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Perjalanan menuju tempat ini lebih dari satu jam dari pusat kota Pangkal Pinang. Tempat ini sebenarnya tergolong baru, yaitu diresmikan di tahun 2003.

Nah, daya tariknya adalah sebuah sumur di kelenteng ini. Banyak orang percaya, minum atau mandi air dari sumur tersebut dapat membuat orang terjaga kesehatannya dan menjadi awet muda. Dewi Kuan Yin sendiri dikenal sebagai dewi cantik yang memiliki sifat welas asih.

Beberapa pengunjung bahkan sampai membawa air ini pulang. Air dimasukan ke botol plastik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Boleh percaya boleh tidak, tetapi rasa air ini memang begitu segar. Pengunjung tak perlu mengambil air dari sumur, tetapi cukup ambil dari wadah air dengan kran yang tersedia.

Nah, di sini pun ada kolam teratai. Di tengahnya ada sebuah bangunan yang bentuknya melingkar. Jika bisa melempar koin ke tengah-tengahnya, maka dipercaya permohonannya akan terkabul. Di area ini pula terdapat kolam mandi dari air sumur awet muda.

Artis Titiek Puspa disebut-sebut sebagai salah satu tokoh terkenal yang pernah mandi di tempat ini. Lalu melangkah ke arah altar Dewi Kuan Yin, pengunjung dapat melakukan chiam si atau ramalan kuno.

Kocok-kocok bilah-bilah bambu dalam wadah tabung. Lalu, bambu yang jatuh akan menunjukan nomor. Dari nomor ini barulah ditentukan kertas ramalan. Jika tertarik mencoba, mintalah kepada penjaga setempat.

”Ramalan bolehnya satu kali setahun. Kalau mau lagi, harus tunggu tahun depan,” ungkap Jam, petugas di tempat itu.

Ia menuturkan, di hari-hari libur, kelenteng tersebut ramai dikunjungi umat yang mau beribadah ataupun wisatawan. Jangan lupa, bagaimanapun ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” adalah tempat ibadah. Oleh karena itu, jika Anda berniat mengunjungi tempat ini, lepaslah sepatu dan berlakulah sopan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.