Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Awet Muda dari Dewi Kuan Yin

Kompas.com - 26/05/2012, 08:20 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com — Kelenteng selalu menarik untuk dikunjungi. Di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat tempat ibadah yang menjadi tujuan para wisatawan. Kabar paling terkenal di balik tempat ini adalah khasiat air yang konon dapat membuat orang awet muda.

Tempat ibadah ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Perjalanan menuju tempat ini lebih dari satu jam dari pusat kota Pangkal Pinang. Tempat ini sebenarnya tergolong baru, yaitu diresmikan di tahun 2003.

Nah, daya tariknya adalah sebuah sumur di kelenteng ini. Banyak orang percaya, minum atau mandi air dari sumur tersebut dapat membuat orang terjaga kesehatannya dan menjadi awet muda. Dewi Kuan Yin sendiri dikenal sebagai dewi cantik yang memiliki sifat welas asih.

Beberapa pengunjung bahkan sampai membawa air ini pulang. Air dimasukan ke botol plastik untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Boleh percaya boleh tidak, tetapi rasa air ini memang begitu segar. Pengunjung tak perlu mengambil air dari sumur, tetapi cukup ambil dari wadah air dengan kran yang tersedia.

Nah, di sini pun ada kolam teratai. Di tengahnya ada sebuah bangunan yang bentuknya melingkar. Jika bisa melempar koin ke tengah-tengahnya, maka dipercaya permohonannya akan terkabul. Di area ini pula terdapat kolam mandi dari air sumur awet muda.

Artis Titiek Puspa disebut-sebut sebagai salah satu tokoh terkenal yang pernah mandi di tempat ini. Lalu melangkah ke arah altar Dewi Kuan Yin, pengunjung dapat melakukan chiam si atau ramalan kuno.

Kocok-kocok bilah-bilah bambu dalam wadah tabung. Lalu, bambu yang jatuh akan menunjukan nomor. Dari nomor ini barulah ditentukan kertas ramalan. Jika tertarik mencoba, mintalah kepada penjaga setempat.

”Ramalan bolehnya satu kali setahun. Kalau mau lagi, harus tunggu tahun depan,” ungkap Jam, petugas di tempat itu.

Ia menuturkan, di hari-hari libur, kelenteng tersebut ramai dikunjungi umat yang mau beribadah ataupun wisatawan. Jangan lupa, bagaimanapun ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” adalah tempat ibadah. Oleh karena itu, jika Anda berniat mengunjungi tempat ini, lepaslah sepatu dan berlakulah sopan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com