Kompas.com - 01/06/2012, 06:00 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com — Sudah pernah dengar soto bakso? Apa itu? Nah pas liburan Natal 2011 kemarin, kami berwisata kuliner di Kota Purwokerto lagi. Di kota ini memang banyak sekali tempat makan yang unik dan enak, dan masih banyak yang belum kami coba.

Kami mendapat rekomendasi dari Sugijanto, sahabat kami yang tinggal di Purwokerto. Katanya, ada penjual soto bakso. Kedengarannya unik ya? Langsung saja kami mampir ke Soto Bakso Pak Birin yang berjualan di Jalan Pramuka, tepatnya di sebelah Apotek Widuri.

Tempatnya cukup sederhana, tetapi bersih. Pas kami datang sekitar pukul 11.00, wah ramai sekali, sampai kami pun harus antre. Untung antrenya tidak lama, he-he-he.

Soto Bakso Pak Birin sudah berjualan cukup lama, sekitar 50 tahun. Namun, mereka dulu masih berjualan di dalam Pasar Wage, dan 10 tahun terakhir sudah menetap di Jalan Pramuka. Karena dulu berjualan di dalam pasar, tempat jualannya tidak seluas saat ini.

Menu yang ditawarkan di sini ada soto, bakso, dan soto bakso. Kami langsung pesan satu porsi bakso dan satu porsi soto bakso. Di sini, menu soto bakso tentu paling favorit.

Sebenarnya soto bakso berisi soto dengan tambahan bakso. Sotonya khas Kota Sokaraja, yang berisi daging sapi (ada pilihan daging ayam juga), tauge, kerupuk, daun bawang; dan di Pak Birin ditambah dengan bakso. Memang jadi unik. Untuk sambalnya, soto bakso sudah ada sambal kacang. Memang soto khas daerah Puwokerto-Sokaraja, sambal untuk sotonya menggunakan sambal kacang. Soto menjadi lebih legit dan kuahnya juga akan lebih kental.

Sotonya enak, kuahnya lezat, dan bumbu kacangnya pastinya menambah nikmat. Baksonya pun kalau menurut kami hanya sebagai variasi, walau daging baksonya cukup terasa. Di meja juga disediakan klanting dan kerupuk mi. Kebiasaan orang Puwokerto-Sokaraja, makan soto biasa ditambah dengan klanting atau kerupuk mi.

Untuk menu bakso, satu porsinya cukup banyak lho, terdiri dari dua bakso besar dan empat bakso kecil, kemudian di salah satu bakso besarnya terdapat isi telur puyuh.

Nah kalau Anda pengemar soto dan bakso, tidak ada salahnya mencoba menu khas Soto Bakso Pak Birin di Purwokerto ini karena, Anda beli satu porsi, langsung dapat dua makanan, he-he-he.... (Yudi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.