Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Bakso Pak Birin, Pernah Coba?

Kompas.com - 01/06/2012, 06:00 WIB

KOMPAS.com — Sudah pernah dengar soto bakso? Apa itu? Nah pas liburan Natal 2011 kemarin, kami berwisata kuliner di Kota Purwokerto lagi. Di kota ini memang banyak sekali tempat makan yang unik dan enak, dan masih banyak yang belum kami coba.

Kami mendapat rekomendasi dari Sugijanto, sahabat kami yang tinggal di Purwokerto. Katanya, ada penjual soto bakso. Kedengarannya unik ya? Langsung saja kami mampir ke Soto Bakso Pak Birin yang berjualan di Jalan Pramuka, tepatnya di sebelah Apotek Widuri.

Tempatnya cukup sederhana, tetapi bersih. Pas kami datang sekitar pukul 11.00, wah ramai sekali, sampai kami pun harus antre. Untung antrenya tidak lama, he-he-he.

Soto Bakso Pak Birin sudah berjualan cukup lama, sekitar 50 tahun. Namun, mereka dulu masih berjualan di dalam Pasar Wage, dan 10 tahun terakhir sudah menetap di Jalan Pramuka. Karena dulu berjualan di dalam pasar, tempat jualannya tidak seluas saat ini.

Menu yang ditawarkan di sini ada soto, bakso, dan soto bakso. Kami langsung pesan satu porsi bakso dan satu porsi soto bakso. Di sini, menu soto bakso tentu paling favorit.

Sebenarnya soto bakso berisi soto dengan tambahan bakso. Sotonya khas Kota Sokaraja, yang berisi daging sapi (ada pilihan daging ayam juga), tauge, kerupuk, daun bawang; dan di Pak Birin ditambah dengan bakso. Memang jadi unik. Untuk sambalnya, soto bakso sudah ada sambal kacang. Memang soto khas daerah Puwokerto-Sokaraja, sambal untuk sotonya menggunakan sambal kacang. Soto menjadi lebih legit dan kuahnya juga akan lebih kental.

Sotonya enak, kuahnya lezat, dan bumbu kacangnya pastinya menambah nikmat. Baksonya pun kalau menurut kami hanya sebagai variasi, walau daging baksonya cukup terasa. Di meja juga disediakan klanting dan kerupuk mi. Kebiasaan orang Puwokerto-Sokaraja, makan soto biasa ditambah dengan klanting atau kerupuk mi.

Untuk menu bakso, satu porsinya cukup banyak lho, terdiri dari dua bakso besar dan empat bakso kecil, kemudian di salah satu bakso besarnya terdapat isi telur puyuh.

Nah kalau Anda pengemar soto dan bakso, tidak ada salahnya mencoba menu khas Soto Bakso Pak Birin di Purwokerto ini karena, Anda beli satu porsi, langsung dapat dua makanan, he-he-he.... (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com