Yuk, Berakhir Pekan di Medan dan Danau Toba

Kompas.com - 02/06/2012, 06:19 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com Horas! Selamat datang di pintu masuk utama bagian barat Indonesia. Jangan ragu untuk membuka gerbangnya dan Anda akan dikejutkan dengan pesona wisata yang tak ada habisnya.

Keragaman etnis yang hidup berdampingan, kelezatan kuliner yang menggoyang lidah, hingga keindahan danau purba yang sanggup mengguncang dunia. “Little Asia”, begitu kota ini disebut.

Bermain dengan buaya, menari bersama boneka Aigale-gale, dan menjadi saksi keanggunan danau tektovulkanik terbesar di Sumatera akan mengisi keceriaan Anda selama berakhir pekan di Medan.

Jumat. Sumatera Utara menyimpan potensi wisata luar biasa indah. Lanskap menawan, keelokan budaya,  membuat Anda tak akan kesulitan menentukan destinasi libur akhir pekan Anda, di Tanah Deli, Medan.

Jangan lewatkan pula wisata di Danau Toba dan Pulau Samosir. Walaupun masih harus menempuh perjalanan selama 4 hingga 5 jam dari kota Medan, pesona danau terluas di Asia Tenggara ini wajib Anda masukkan dalam agenda akhir pekan kali ini.

Jalanan yang menanjak, berliku, dan tebing curam di sisi jalan mengantarkan Anda ke Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Pematang Siantar, dan berakhir di Parapat. Di Parapat, Anda bisa berkenalan dengan Danau Toba dari dekat.

Udara yang sejuk, suasana kota yang ramah, bersanding dengan pesona Danau Toba. Tepat di ujung danau, Pulau Samosir telah menanti Anda. Sembari menunggu feri di pelabuhan Ajibata, senandung yang disuguhkan oleh anak-anak Medan ini sungguh menghibur.

Anda pasti akan takjub dibuatnya. Masih ada lagi tingkah laku bocah-bocah untuk menarik simpati wisatawan. Siapkan koin dan lemparkan ke arah danau. Dengan lincahnya mereka akan mengambil koin pemberian Anda.

Hiburan di awal perjalanan ini bisa mengisi waktu Anda saat menunggu feri yang akan mengantar menyeberang ke pelabuhan Tomok, Samosir. Jangan lupa membayar Rp 3.500 per orang untuk harga tiket feri. Jika Anda membawa mobil pribadi, maka akan dikenakan biaya mobil sebesar Rp 91.500.

Sabtu. Teduhnya Danau Toba mengiringi pagi Anda di Pulau Samosir. Hiruplah udara pagi Samosir dari Bukit Beta Kite International di Tuktuk Siadong. Perbukitan hijau menemani kecantikan Danau Toba.

Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X