Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Wisman Dipastikan Kunjungi Morotai

Kompas.com - 08/06/2012, 17:01 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Ratusan wisatawan dari mancanegara dipastikan mengunjungi Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) dalam kegiatan Sail Morotai September 2012. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan di Morotai, Jumat  (8/6/2012), kegiatan Sail Morotai dipastikan akan kedatangan tamu-tamu mancanegara yang berkunjung ke Morotai.

Sail Morotai akan mempunyai perbedaan dengan sail-sail yang ada di daerah lain, karena Sail Morotai Terkait dengan sejarah PD II, sehingga kehadiran negara-negara lain akan lebih banyak di Morotai. Tamu-tamu asing yang datang nantinya akan banyak, diantaranya dari Selandia Baru, Australia, Jepang, Amerika, dan negara lainnya.

Menurut Agung, saat ini pihaknya sudah menghubungi Duta Besar Amerika Serikat dan dijadwalkan pekan depan akan ke Amerika Serikat atas undangan pemerintah AS. "Amerika Serikat berjanji dalam kegiatan Sail Morotai, mereka dipastikan datang terkait dengan keluarga veteran yang dulu pernah bertugas saat Perang Dunia ke II," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua mengatakan, pihaknya saat ini serius membenahi berbagai infrastruktur dalam mendukung pelaksanaan Sail Morotai 2012, karena acara ini dipastikan akan dihadiri oleh tamu penting dari dalam dan luar negeri. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik dukungan berbagai pihak. Pemkab dalam pembangunan berbagai infrastruktur juga telah menggelar Musrenbang guna memperoleh berbagai masukan dan ide kreativitas masyarakat guna mendukung pembangunan di daerah ini.

"Kami saat ini telah melakukan berbagai pembenahan kota, salah satunya dengan membenahi kota Daruba dengan mengintensifkan perluasan jalan dan pembenahan taman di pusat kota," katanya.

Selain itu, pembenahan juga difokuskan pada perbaikan berbagai fasilitas umum, seperti pasar rakyat, rumah sakit air bersih dan rehabilitasi sedikitnya 500 rumah warga yang ada di berbagai lokasi di kota Daruba.

Pembenahan tersebut sebagian besar menggunakan dana pemerintah pusat, karena APBD Pulau Morotai masih terbatas dan lebih difokuskan pada peningkatan kesejahtraan rakyat. Pemkab Pulau Morotai juga berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat untuk pembenahan infrastruktur Pulau Morotai. Dana tersebut telah dialokasikan melalui APBN dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan Sail Indonesia Morotai 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com