Kompas.com - 08/06/2012, 17:01 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Ratusan wisatawan dari mancanegara dipastikan mengunjungi Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) dalam kegiatan Sail Morotai September 2012. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan di Morotai, Jumat  (8/6/2012), kegiatan Sail Morotai dipastikan akan kedatangan tamu-tamu mancanegara yang berkunjung ke Morotai.

Sail Morotai akan mempunyai perbedaan dengan sail-sail yang ada di daerah lain, karena Sail Morotai Terkait dengan sejarah PD II, sehingga kehadiran negara-negara lain akan lebih banyak di Morotai. Tamu-tamu asing yang datang nantinya akan banyak, diantaranya dari Selandia Baru, Australia, Jepang, Amerika, dan negara lainnya.

Menurut Agung, saat ini pihaknya sudah menghubungi Duta Besar Amerika Serikat dan dijadwalkan pekan depan akan ke Amerika Serikat atas undangan pemerintah AS. "Amerika Serikat berjanji dalam kegiatan Sail Morotai, mereka dipastikan datang terkait dengan keluarga veteran yang dulu pernah bertugas saat Perang Dunia ke II," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua mengatakan, pihaknya saat ini serius membenahi berbagai infrastruktur dalam mendukung pelaksanaan Sail Morotai 2012, karena acara ini dipastikan akan dihadiri oleh tamu penting dari dalam dan luar negeri. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik dukungan berbagai pihak. Pemkab dalam pembangunan berbagai infrastruktur juga telah menggelar Musrenbang guna memperoleh berbagai masukan dan ide kreativitas masyarakat guna mendukung pembangunan di daerah ini.

"Kami saat ini telah melakukan berbagai pembenahan kota, salah satunya dengan membenahi kota Daruba dengan mengintensifkan perluasan jalan dan pembenahan taman di pusat kota," katanya.

Selain itu, pembenahan juga difokuskan pada perbaikan berbagai fasilitas umum, seperti pasar rakyat, rumah sakit air bersih dan rehabilitasi sedikitnya 500 rumah warga yang ada di berbagai lokasi di kota Daruba.

Pembenahan tersebut sebagian besar menggunakan dana pemerintah pusat, karena APBD Pulau Morotai masih terbatas dan lebih difokuskan pada peningkatan kesejahtraan rakyat. Pemkab Pulau Morotai juga berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat untuk pembenahan infrastruktur Pulau Morotai. Dana tersebut telah dialokasikan melalui APBN dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan Sail Indonesia Morotai 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.