Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudin PU Jakarta Utara Akan Tutup 352 Lubang di Jalan

Kompas.com - 08/06/2012, 17:55 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, Kompas.com - Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Jalan Jakarta Utara akan segera menutup 352 titik lubang dengan luas 150.000 meter persegi di jalan-jalan di Jakarta Utara. Kepala Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jakarta Utara, Maman Suparman mengatakan, ratusan titik lubang tersebut merupakan jalan lokal yang berada di enam kecamatan di Jakarta Utara.

Menurutnya, perbaikan ratusan titik lubang tersebut dilakukan secara bertahap dengan sistem swakelola atau pengerjaannya langsung dikerjakan oleh petugas dari Sudin PU Jalan Jakarta Utara, karena anggaran yang dialokasikannya tidak besar. Tapi sayangnya Maman tidak bersedia menyebutkan besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan ini.

"Perbaikan lubang ini kami gunakan sistem tambal sulam, sehingga masyarakat pengguna jalan mungkin belum terlalu nyaman saat melintas, namun dari sisi keamanan jalan sudah cukup baik," ujarnya.

Dijelaskannya, secara berurutan ke-352 titik lubang itu berdasarkan wilayah kecamatan, terbanyak berada di Kecamatan Penjaringan dengan total 100 titik lubang. Kemudian di wilayah Kecamatan Koja 61 titik lubang, Pademangan 61 titik lubang, Tanjungpriok 37 titik lubang, Kelapa Gading 55 titik lubang, dan Cilincing 38 titik lubang.

"Kami hanya memperbaiki lubang di jalan sekunder. Sedangkan, jalan arteri sekunder dan jalan arteri perimer merupakan kewenangan Dinas PU DKI Jakarta dan Kementerian PU," ucapnya.

Sebelumnya, sejak Desember 2011 terdapat 689 titik lubang dengan luas 252.000 meter persegi, dan telah diperbaiki 337 titik lubang dengan luas 102 ribu meter persegi. Pantauan Kompas.com di Jl Semangka, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, Jumat (8/6/2012) terlihat beberapa titik lubang yang ukuran diameternya bervariasi, dari 20 sentimeter hingga 2 meter. Alhasil, para pengendara harus memperlambat laju kendaraannya saat melintas di jalan yang berlubang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com