Gurame Bumbu Rujak, Rasakan Kelezatannya!

Kompas.com - 10/06/2012, 07:48 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Saat Chinese New Year tanggal 23 Januari 2012, tim Doyan Makan sengaja mencari ide untuk makan bersama keluarga Anda untuk merayakan Imlek. Salah satu tempat yang kami tuju adalah Jun Njan, sebuah restoran seafood yang banyak mengusung ala Chinese. Menunya ada ikan, udang, cumi, lobster, kerang, tapi ada juga bebek dan ayam. Seperti Bebek Panggang dan Ayam Rebus Jun Njan.

Saat kami melihat menunya, asli....saya tergiur dengan menu-menu ini he-he... Ada Gurame Bumbu Rujak, Cumi Salt & Pepper, Ayam Goren Jun Njan, Kerang Kampak Tim Bawang Putih. Wah semuanya terlihat enak-enak. Saya sampai bingung sendiri mau pesan yang mana. Sampai akhirnya seorang waiter-nya dengan ramah merekomendasikan beberapa menu. Ok, kami pilih Ikan Gurame Goreng Bumbu Rujak, Ayam Goreng Jun Njan, dan juga Tahu Jepang Saus Tiram.

Jun Njan yang ada di Central Park ini cukup besar, dan mejanya pun dalam kapasitas yang besar juga, cocok untuk Anda dan keluarga bersantap di hari Imlek. Dan menurut saya, para waiter-nya pun sangat ramah dan cekatan dalam serving-nya. Sambil menunggu makanan kami datang, kami nyemil acar timun yang disediakan dimeja.

Yang pertama diantar adalah Tahu Jepang Saus Tiram, lumayan banyak juga isinya. Tahu Jepang yang dipotong-potong dan ditumis dengan saus tiram dan juga jamur. Kuahnya memang agak kental. Asin dan gurihnya pas banget, lembut dan enak banget disantap dengan nasi hainam hangat. Kalau mau lebih pedas bisa ditambahkan dengan kecap asin yang sudah di beri irisan cabe rawit.

Nah sekarang kita coba Ayam Goreng Jun Njan. Fillet daging ayam yang digoreng tepung, kering, kemudian disiram dengan saus tiram. Yang ini juga enak banget, renyahnya bercampur dengan salty-nya si saus tiram. Nyam nyammm...

Yang paling top dari ketiga menu yang saya pesan adalah Gurame Goreng Bumbu Rujak. Gurame yang dagingnya sudah dalam bentuk fillet kemudian digoreng tepung, dan disiram dengan bumbu rujak. Tapi saya minta dipisah bumbunya, supaya crunchy si guramenya tidak hilang. Fillet daging guramenya saja sudah enak lho, gurih. Dan jadi lebih enak lagi setelah saya celupkan dengan bumbu rujaknya. Asem manis... he-he. Ada mangga, irisan timun, kacang, dan ada irisan cakwe juga didalamnya. Krezz.... Komplet deh ini bumbu rujaknya, seperti kuah asam manis tapi ditambah dengan irisan mangga, dan cakwe. Mantap! (Ita)



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X