Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau dan Pantai, Andalan Wisata Pesisir Selatan

Kompas.com - 10/06/2012, 16:18 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

PAINAN, KOMPAS.com – Sesuai namanya, Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, letaknya berada di tepian laut dan memiliki pulau-pulau besar maupun kecil tak berpenghuni. Kekayaan bahari dan pantai pun menjadi andalan wisata di kabupaten ini.

“Pesisir Selatan punya 57 pulau. Pulau besar ada 17. Sisanya pulau-pulau kecil dan pulau-pulau tak berpenghuni,” kata Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Nasrul Abit kepada Kompas.com usai etape 6 Pariaman-Painan pada ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Painan, ibukota  Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (9/6/2012).

Beberapa pulau, lanjutnya, merupakan pulau tempat penyu-penyu bertelur. Ada kawasan yang menjadi tempat penangkaran penyu. Pihaknya pun ingin mengembangkan tempat penangkaran penyu sebagai obyek wisata berbasis lingkungan.

Dari 57 pulau di Kabupaten Pesisir Selatan, ada beberapa pulau yang memang sudah terkenal sebagai destinasi wisata. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Cubadak, Pulau Karabak, Pulau Pulau Babi, dan Pulau Cingkuak. “Seperti Pulau Cubadak, sudah terkenal. Ramai kunjungan dari bulan Juli sampai Januari biasanya bisa full. Kebanyakan turis dari Eropa, karena pengelolanya orang Italia. Jadi banyak turis dari Belanda dan Perancis,” jelas Nasrul.

Ia menuturkan Pulau Cubadak merupakan salah satu dari sepuluh destinasi wisata yang sering dikunjungi Sumatera Barat. Selain Pulau Cubadak, andalan lainnya adalah Bukit Langkisau. Dari bukit ini, wisatawan bisa melihat pemandangan kota Painan dan daerah Pesisir Selatan dari ketinggian.

Letak Bukit Langkisau berada di 300 meter di atas permukaan laut. Bentuk bukit dan angin di kawasan ini, menjadikan Bukit Langkisau cocok sebagai tempat paragliding. Sayangnya, ungkap Nasrul, belum ada penginapan di kawasan ini.

Homestay pun tidak ada di Bukit Langkisau. Memang kekurangan Pesisir Selatan adalah kurangnya hotel,” jelas Nasrul.

Ia menambahkan akses menuju Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang hanya ada satu jalan. Perlu waktu tempuh sekitar dua jam dari Padang menuju Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan. Pihaknya berencana menambah akses-akses lain seperti akses dari Pesisir Selatan menuju Solok dan akses dari kawasan wisata Mandeh ke Padang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com