Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Perlu Difasilitasi

Kompas.com - 11/06/2012, 04:50 WIB

BANDUNG, KOMPAS - Pemerintah mulai tahun ini membenahi 10 pelabuhan yang tersebar di Indonesia agar bisa disinggahi kapal pesiar, mulai dari pengerukan hingga pembenahan infrastruktur. Untuk itu, sebuah tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perhubungan, serta pihak imigrasi juga sudah dibentuk.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/6), beberapa pelabuhan yang dibenahi antara lain pelabuhan di Semarang, Surabaya, Jakarta, Makassar, dan Kalimantan. Untuk tahun ini, pemerintah memprioritaskan pembenahan Pelabuhan Benoa di Bali karena sudah ada kapal pesiar yang rutin berkunjung. Saat ini, kedalaman pelabuhan tersebut 9 meter.

”Tahun ini akan dikeruk agar kedalamannya mencapai 11 meter, idealnya memang mencapai 12 meter,” kata Mari.

Semakin dalam pelabuhan, lanjut Mari, semakin besar kapal yang bisa bersandar. Pemilihan 10 lokasi juga dilatarbelakangi potensi wisata di sekitarnya sehingga penumpang kapal pesiar bisa berwisata saat singgah. Target wisatawan dari kapal pesiar untuk tahun ini baru 118.000 penumpang, sementara tahun 2016 ditargetkan 600.000 penumpang. Mari beralasan, pada saat itu, pembenahan pelabuhan sudah rampung.

Optimistis target tercapai

Mari optimistis target wisatawan tahun ini bisa tercapai sebanyak 8 juta orang dan meningkat menjadi 10 juta tahun 2014.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendongkrak pemasukan dari sektor pariwisata adalah meningkatkan kualitas kunjungan melalui paket wisata serta dukungan penerbangan dan penginapan murah. Sektor pariwisata secara langsung menyumbang 4 persen terhadap pendapatan produk domestik bruto (PDB) dan secara tidak langsung juga menyumbang sampai 8 persen.

Persinggahan

Disinggung mengenai beroperasinya Marina Bay Cruise Centre di Singapura yang mampu disandari kapal pesiar berukuran besar, Mari mengaku tidak terlalu risau. Pihaknya hanya berkonsentrasi terhadap kapal pesiar berukuran kecil yang singgah sewaktu melintasi Indonesia.

Marina Bay Cruise Centre merupakan pelabuhan kapal pesiar yang dimiliki Singapura dan baru beroperasi 26 Mei 2012. Salah satu kapal pesiar yang sudah bersandar adalah Voyager of the Seas yang memiliki kapasitas 4.000 penumpang. Kapal dengan bobot mati 138.000 ton itu memiliki draf atau jarak antara badan permukaan air dan dasar kapal mencapai 22 meter.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com