Ini Dia Ayam Gorengnya Orang Cirebon

Kompas.com - 13/06/2012, 08:06 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Kalau saya berkunjung ke Cirebon, rasanya belum lengkap kalau belum menyantap Ayam Bahagia. Maksudnya adalah Ayam Goreng Ibu Hj. Sunarti yang ada di Jalan Bahagia, Cirebon. Yup, orang-orang disini memang menyebutnya dengan Ayam Bahagia. Bahkan ada beberapa teman SMA saya yang menyebutnya dengan Happy Chicken he-he... Ayam Goreng Bahagia ini memang sangat terkenal di kalangan orang Cirebon, buka sampai larut malam pula. Jadi kalau sedang bingung mau makan dimana pas malam-malam, biasanya kami memang langsung menuju ke sini.

Malam itu kami mampir sebentar ke Ayam Bahagia. Meskipun hujan mengguyur cukup deras, tapi niat kami menyantap ayam ini harus terlaksana, karena kami hanya satu malam di Cirebon, jadi tidak boleh menyia-nyiakan waktu.

Untung saja ayam bagian dadanya masih ada. Kami pun segera pesan dua potong ayam bagian dada, dan tahu goreng. Meskipun jam sudah menunjukkan pukul 10 malam, tapi pelanggannya masih terus berdatangan.

Ayam goreng bagian dadanya memang terlihat agak besar, karena tidak hanya sebelah....ini full bagian dada. Mantap porsinya he-he... Ayam Bahagia ini sebenarnya simple, rasa asin dan gurihnya memang pas, tidak berlebihan. Yang membuat ini terasa lebih istimewa adalah sambal dan bawang gorengnya. Coba saja disantap berbarengan dengan sambal dan bawang gorengnya, enak pisan! Sambalnya cukup pedas dan ada rasa asinnya sedikit. Kalau mau lebih nikmat lagi ya disantap dengan nasi hangat he-he... Disini juga ada jeroan seperti usus, ati, dan ampela. Ayam yang digunakan juga ayam kampung.

Buat orang-orang yang pernah tinggal di Cirebon, pasti kangen dengan Ayam Bahagia ini. Hayo, buat para langganan lama Ayam Bahagia, jangan lupa mampir ke sini lagi ya kalau berkunjung ke Cirebon. (Ita)

Baca tentang


    Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X