Menutup Hari di Pantai Padang - Kompas.com

Menutup Hari di Pantai Padang

Kompas.com - 16/06/2012, 08:02 WIB

KOMPAS.com – Di musim kemarau, semburat matahari yang perlahan turun mencium cakrawala begitu tajam. Saking tajamnya, warna jingga berpadu merah begitu menyilaukan. Bayangan mentari semakin muncul di riak air laut yang tenang. Sementara kelapa-kelapa muda sudah mulai tandas diminum. Saatnya makan ikan bakar di tepi pantai.

Pantai Padang memang biasa dipadati masyarakat setempat maupun para pelancong yang kebetulan berwisata atau dalam rangka urusan bisnis di Padang.

Sore hari, kelar dengan urusan kerjaan maupun lelah berwisata, Pantai Padang menjadi penutup hari yang tepat. Mengamati matahari yang perlahan-lahan turun. Lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhir hari itu. Kemudian, tanpa disadari, hari mulai gelap.

Pantai Padang memiliki garis pantai yang panjang. Di salah satu sisi, latar belakang laut dilengkapi dengan sebuah bukit yang disebut sebagai Gunung Padang.

Beberapa warung tenda berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman dingin berupa minuman bersoda dan kelapa muda.

Sebagai teman minum, bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus. Makan rujak khas Padang seru juga dinikmati di sore hari. Coba juga pisang bakar yang biasa dijual di pantai ini.

Di salah satu sisi Pantai Padang terdapat area bermain untuk anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil untuk mencoba berbagai wahana permainan. Pun, naik mobil berbentuk kereta untuk menelusuri Pantai Padang.

Sayangnya, Pantai Padang tak berpasir. Kalaupun ada, hanya tersisa sedikit di beberapa bagian. Pantai ini telah mengalami abrasi menahun.

Tembok batu menjadi pemisah antara laut dengan tepi jalan, sekalligus berfungsi sebagai pemecah ombak. Batu-batu karang dengan ukuran besar terdapat di sekitar bibir pantai.

Menuju Pantai Padang

Pantai Padang berada di pusat kota Padang. Ke Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, dari luar Pulau Sumatera, bisa melalui pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau.

Dari bandara menuju Pantai Padang sekitar 23 kilometer atau ditempuh selama 30 menit perjalanan darat dengan mobil. Ada beberapa hotel dekat Pantai Padang, di antaranya adalah HW Hotel atau Plan B Hotel. Dari hotel-hotel ini ke Pantai Padang bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Berkeliling kota Padang bisa naik angkutan umum ataupun bendi atau dokar ala Sumatera Barat. Untuk perjalanan lebih jauh, Anda bisa menyewa mobil.

Selain Pantai Padang, Anda bisa lanjutkan wisata ke Gunung Padang, Muaro Padang, dan Jembatan Siti Nurbaya. Pilihan lain adalah Museum Adityawarman dan kota tua dekat Muaro Padang untuk melihat bangunan-bangunan peninggalan Belanda.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorI Made Asdhiana

    Close Ads X