Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur dan Wagub Aceh Dilantik Hari Ini

Kompas.com - 25/06/2012, 11:38 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Gubernur dan wakil gubernur terpilih Aceh, pasangan Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf,  dijadwalkan akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung DPR Aceh (DPRA) di Banda Aceh, Senin (25/6/2012) pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, pada Senin pagi, pasangan ini juga akan menjalani upacara adat peusijuk ( diberi tepung tawar)  di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Ratusan warga dari berbagai kabupaten/kota di Aceh terlihat memenuhi halaman Masjid Raya untuk menyaksikan acara ini. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan prosesi pelantikan.

"Untuk para warga yang hadir dan tidak memiliki undangan kami mintakan untuk bisa berada di Massjid Raya saja, sehingga tidak membuat macet jalanan, dan mereka juga bisa menyaksikan melalui layar kaca karena acara ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal," ujar Moffan, Kapolresta Banda Aceh, yang bertanggung jawab atas keamanan acara pelantikan.

Sejumlah tenda besar pun sudah disiapkan disekeliling halaman luar gedung DPR Aceh, dan ini juga diperuntukkan bagi masyarakat yang akan menghadiri acara pelantikan tersebut.

Di tenda putih inipun dilengkapi dengan empat televisi layar lebar. Di sinilah undangan dan masyarakat yang memperoleh undangan tipe C duduk. Sementara undangan tipe A dan B diperkenankan memasuki ruang sidang utama DPRA. Sedikitnya 25 diplomat negara sahabat akan hadir pada pelantikan kepala pemerintahan hasil pemilihan 9 April lalu.

Sementara itu, Polisi sudah mengerahkan hampir 1.000 personel untuk mengamankan jalannya prosesi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. Personel kemanan ini ditempatkan di lokasi pelantikan, Bandara Sultan Iskandar muda, Mesjid Raya Baiturrahman dan sejumlah lokasi lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com