Kompas.com - 25/06/2012, 19:18 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersiaplah untuk memperingati letusan Gunung Tambora yang terletak Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Gita Aryadi, pihaknya tengah mempersiapkan acara peringatan tersebut.

“Di tahun 2015, kami akan mengadakan peringatan dua abad letusan Gunung Tambora. Saat ini tengah dipersiapkan,” kata Gita pada saat jumpa pers Lombok Sumbawa Pearl Festival 2012 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (25/6/2012).

Ia menjelaskan letusan Gunung Tambora pada saat itu mampu mengubah iklim dunia. Selain itu, Pulau Sumbawa merupakan lokasi strategis secara aksesibilitas antar pulau.

“Sumbawa ini strategis. Sebelah timurnya ada Pulau Komodo. Sumbawa ke depan akan jadi bahan pembicaraan dunia dengan Gunung Tambora dan Pulau Moyo,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Badrul Munir, mengungkapkan saat ini NTB tengah mempromosikan Visit Lombok Sumbawa. Puncak kunjungan wisata tersebut ada di tahun 2012.

“Kami menargetkan kunjungan 1 juta wisman. Dalam kurun waktu 6 bulan, kunjungan sudah mencapai 600 ribu orang,” kata Badrul.

Di musim liburan ini, menurut Badrul, pesawat menuju Mataram penuh terisi, begitu pula dengan hotel-hotel. Sedangkan Gita mengatakan bahwa sejak NTB menjadi destinasi MICE, hotel-hotel selalu terisi penuh, begitu pula dengan pesawat.

Badrul juga mengungkapkan pihaknya malah semakin senang jika Bali semakin gencar berpromosi. Sebab, NTB pasti “kecipratan” limpahan turis dari Bali.

Secara data, NTB memiliki 40 hotel berbintang dan 744 hotel melati. Sedangkan kunjungan wisatawan ke NTB di tahun 2011 berjumlah 364.196 wisman dan 886.880 wisnus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.