Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya Nuansa Air di Bendungan Waru Turi

Kompas.com - 07/07/2012, 09:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KOMPAS.com- Rindangnya dedaunan membuat suasana begitu menyejukkan, hingga mampu membuat segar setiap mata yang memandangnya. Ditambah suara gemericik air dari sungai yang dibendung, tentu akan menjadi pemandangan yang berbeda. Seperti itulah gambaran suasana wahana Wisata Bendungan Waru Turi di Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bendungan Waru Turi ini terletak tujuh kilometer arah barat Monumen Simpang Lima Gumul (SLG). Luas areanya mencapai 32 hektar dan fungsi utamanya sebagai pengendali aliran sungai Brantas.

Oleh sebab itu, di kawasan ini banyak sekali ditemui sungai-sungai kecil beserta pintu air. Selain fungsi utama, tempat milik Perusahaan Umum Jasa Tirta ini juga menawarkan wisata alam sebagai fungsi tambahannya. Beberapa fasilitas penunjang juga disediakan untuk memanjakan para pengunjung. Mulai dari kolam renang bergaya Romawi, taman burung, area bermain, pemancingan, serta berbagai permainan air lainnya.

" Kita juga punya fasilitas outbond seperti kegiatan flying fox maupun beberapa item lainnya," kata Agus Rahmad, Bagian Umum, Divisi Jasa Umum Perum Jasa Tirta, Kamis (5/7/2012).

Dengan fasilitas yang ada, pengunjung dikenakan tiket yang bervariasi. Untuk hari biasa, tiket dewasa Rp 4.000 dan anak-anak Rp 3.000. Sementara, hari Minggu dan hari libur menjadi Rp 5.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp 4.000.

Tiket tambahan dikenakan jika menggunakan fasilitas kolam renang, yaitu Rp 2.000 untuk semua usia. Fasilitas outbond dewasa Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000. Adapun, biaya parkir lumayan mahal, mobil dibandrol Rp 10.000 sedangkan untuk bus Rp 20.000.

Sobari, salah satu pengunjung, mengaku baru sekali mengunjungi tempat tersebut. Namun, menurutnya, pemandangan yang ada membuatnya betah untuk berlama-lama di kawasan wisata tersebut.

"Tempatnya luas dan bagus. Hanya saja karena identik dengan wahana air, mungkin bisa ditambah fasilitas lain seperti ski air," kata Sobari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com