Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Wisata Sungai Pilihan di Indonesia

Kompas.com - 08/07/2012, 13:50 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Aneka atraksi wisata sungai ada di Indonesia. Sebut saja seperti berarung jeram model konvensional dengan perahu karet di sungai-sungai yang terdapat di Jawa sampai mencoba rafting dengan bambu di Kalimantan.

Boleh juga mencoba berselancar di atas sungai di Riau. Atau, menikmati panorama sungai di Kalimantan dengan pesiar menggunakan kapal mewah.

Selain itu banyak hal seru yang dapat dilakukan sepanjang perjalanan menyusuri aliran sungai. Di beberapa daerah di Indonesia, sungai sebagai jalur transportasi dan area perdagangan.

Berikut beberapa wisata sungai menarik di Indonesia. Simpan laman berikut dan agendakan perjalanan wisata Anda berikutnya ke destinasi-destinasi wisata berikut.  

Selancar di Sungai Kampar, Riau

Sungai ini terkenal di kalangan peselancar dunia. Ya, jika biasanya surfing di laut, peselancar dapat melakukannya di Sungai Kampar. Di waktu-waktu tertentu, timbul ombak besar di Sungai Kampar.

Saking besarnya, ombak tersebut dapat “ditunggangi” para peselancar. Penduduk lokal menyebut ombak besar tersebut dengan Bono. Peselancar dunia pun ikut menyebutnya dengan ”Bono”.

Hanya saja, akses dan fasilitas di Sungai Kampar masih terbatas. Sampai saat ini, hotel berbintang dan restoran belum tersedia di seputaran Sungai Kampar. Walaupun ada hotel kelas melati dan warung makan. Sementara kapal khusus dan jetski sudah ada, namun terbatas.

Meski begitu, keterbatasan tersebut tak menghalangi peselancar mancanegara untuk datang menjajal Bono. Bahkan, beberapa peselancar asing dari Perancis sudah ada yang menjual pake surfing Bono. Memang, awalnya surfing Boni dipromosikan oleh peselancar asing.

Di sungai ini bisa terjadi 21 buah gelombang secara bersamaan. Sehingga jika puncak Bono, 21 surfer bisa berselancar bersamaan. Puncak Bono atau gelombang di saat paling tinggi, dapat diprediksi sesuai bulan purnama atau berdasarkan kalender tarikh qomariyah.

Puncak Bono paling besar pada saat bulan penuh. Saat puncak Bono, ketinggian gelombang dapat mencapai tiga meter. Walaupun saat Bono kecil, peselancar masih bisa saja berselancar dan cocok untuk kelas pemula.

Untuk merasakan sensasi berselancar Bono, Anda bisa memesan melalui situs www.bonosurf.com. Harga paket mulai dari 121 Euro (sekitar Rp 1,4 juta ), tergantung ukuran kapal yang disewa dan jumlah peserta. Harga tersebut sudah termasuk sewa perahu lengkap dengan bensin dan pengemudi, serta penginapan, makan dan minum, dan izin kepolisian.

Naik Bus Air di Sungai Musi, Sumatera Selatan

Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang yang terdapat di Sumatera. Sungai ini juga digunakan sebagai salah satu alternatif jalur transportasi.

Dengan naik bus air, wisatawan dapat menyusuri sungai. Pertama-tama, wisatawan akan diajak menyusur sungai dari Dermaga Benteng Kuto ke Pulau Kemaro. Kemudian, wisatawan akan melihat Jembatan Musi II. Tak lupa, wisatawan diajak singgah di obyek wisata Masjid Ki Merogan dan Masjid Lawang kidul.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com