Wedang Secang Bikin Stamina Meningkat - Kompas.com

Wedang Secang Bikin Stamina Meningkat

Kompas.com - 08/07/2012, 17:29 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Pernahkah Anda menikmati wedang secang? Wedang yang terbuat dari kulit kayu secang ditambah daun pandan dan jahe ini, ternyata banyak manfaatnya. Di antaranya, berkhasiat untuk menghilangkan pegal linu, meningkatkan stamina, menjaga daya tahan tubuh dan asam urat. Tapi syaratnya, Anda harus mengkonsumsinya setiap hari.

Wedang Secang adalah minuman herbal yang dibuat seorang dokter pengelola Griya Sehat Kendal Jawa Tengah. Saat ini, masyarakat Kendal banyak yang mengonsumsinya. Menurut sang pembuat Wedang Secang, dr Budi Mulyono, semua orang bisa membuat ramuan Wedang Secang ini. "Bahannya dibuat dari kulit kayu secang ditambah daun pandan dan jahe," katanya sambil tersenyum.

Budi pun membeberkan cara membuat Wedang Secang. Seluruh ramuan yakni kulit kayu secang, kayu manis, daun pandan dan jahe direbus hingga mendidih. Air ramuan kemudian disaring dan siap disajikan. "Lebih nikmat disajikan hangat," tambah Budi.

Wedang Secang ini rasanya sangat manis dan hangat. Jika meminumnya secara rutin, badan terasa segar dan bugar. "Wedang secang rasanya manis dan hangat, seperti Wedang Ronde. Namun kalau diminum secara rutin, bisa membuat badan terasa segar dan daya tubuh terjaga," ucap Faiz, salah seorang warga Kendal yang mengonsumsi Wedang Secang.


EditorFarid Assifa

Close Ads X