Siapkah Kaltim Menghelat Sail Derawan 2013?

Kompas.com - 12/07/2012, 03:04 WIB
Editor

Sail Derawan 2013 terus diperjuangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Ajang bagi penggemar wisata bahari, terutama bawah laut ini, bakal semakin mengenalkan Pulau Derawan dan sekitarnya ke dunia internasional. Namun, siapkah Kaltim dan Kabupaten Berau?

Tidak berlebihan apabila Pemprov Kaltim mengotot mendesakkan acara yang dihelat September tahun depan itu. Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, yang terdiri atas Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua, punya kekayaan bawah laut menakjubkan.

Di Indonesia, Kepulauan Derawan adalah ”surga” bagi para penggemar wisata bawah air, selain Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bunaken (Sulawesi Utara), dan Raja Ampat (Papua Barat). Derawan dikelilingi terumbu karang indah dengan ikan-ikan yang berwarna-warni.

Di Kepulauan Derawan pula penyu-penyu hijau naik ke pasir pantai untuk bertelur, terutama saat musim bertelur pada JuliSeptember. Mengasyikkan kala malam hari melihat proses tersebut. Penyu-penyu sering menyinggahi pantai untuk mencari makan di padang lamun atau menikmati daun pisang yang diletakkan warga.

Pesona Kakaban, pulau karang yang tak berpenghuni, terletak di Danau Kakaban. Danau air payau yang jernih ini unik karena dihuni ubur-ubur yang tidak menyengat. Hanya ada dua tempat yang seperti ini, yakni Kakaban dan Pulau Palau, di Mikronesia.

Adapun Maratua memiliki 12 titik penyelaman. Lokasi yang tepat untuk melihat ikan pari, kerumunan barakuda, dan tentu saja penyu. Pulau Sangalaki adalah tempat konservasi penyu sekaligus pulau favorit bagi penyu.

Pemprov Kaltim sudah mengusulkan Sail Derawan pada tahun depan yang bertepatan dengan penyelenggaraan Sail Komodo. Namun, Bupati Berau Makmur optimistis, meski Sail Komodo muncul lebih dulu, penilaian tergantung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta sejumlah pihak dari pemerintah pusat.

”Jujur saja, di antara tempat lain, Derawan lebih layak. Dengan sumbangan kekayaan alamnya, masa Kaltim tidak diberi kesempatan,” ujar Makmur, pekan lalu.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, yang memperjuangkan Sail Derawan sejak empat tahun lalu, dalam beberapa kali kesempatan menegaskan keinginan tersebut. Sail Derawan akan berkorelasi dengan kesejahteraan masyarakat, mengenalkan Berau, juga Kaltim ke dunia internasional.

Harus bekerja keras

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.