Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taco, Burritos, atau Quasedilla? Ketiganya Enak

Kompas.com - 12/07/2012, 19:30 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Pernah mendengar hidangan "taco"? Makanan khas Mexico ini terdiri dari daging sapi yang diolah berpadu dengan sayuran. Lalu isian daging sapi dan sayuran ini diselimuti oleh kulit tortilla jagung, seperti kulit kebab namun terbuat dari jagung.  

Jika Anda penasaran seperti apa taco, Anda bisa mengunjungi Taco Express. Gerai taco ini berada di selatan Jakarta. Tepatnya berlokasi di Jalan Benda Raya No.10, Kemang. Bentuknya seperti kedai makan yang hanya dapat menampung 15 orang.

Masuk ke dalam Taco Express, layaknya berada di salah satu restoran di Meksiko. Interior dipenuhi dengan banyak hiasan-hiasan serta wallpaper khas negeri Amerika Latin tersebut.

Desain dalam ruangan tempat ini menyajikan konsep open kitchen atau dapur terbuka. Sehingga pengujung dapat melihat langsung proses pembuatan makanan serta menjamin kebersihan makanan yang dibuat.

“Taco Express adalah restoran mini khas Meksiko, mengusung tema Mexican Street Food, bermaksud mempopulerkan masakan khas negara tersebut di kalangan masyarakat luas, namun dengan harga yang terjangkau," ungkap Managing Director Taco Express Joko.

Ia mengklaim bahwa taco yang dijual di Taco Express lebih murah lima puluh persen dibanding harga yang ditawarkan di restoran-restoran mewah. Berbagai hidangan makanan yang disediakan Taco Express adalah masakan khas Meksiko dengan menu andalannya, Taco.

Daging sapi yang digunakan didatangkan langsung dari Australia. Sebagai isian, daging sapi diolah menjadi beef chilli concarne yang dimasak dengan berbagai bumbu rahasia ala Taco Express.

Menurut Joko, dalam olahan daging dicampurkan tabasco, saus pedas, untuk memberi kesan getir di lidah pada saat memakannya. Selain daging, di dalam taco juga berisi sayuran, yaitu selada dan tomat yang dipotong kecil-kecil.

Setelah dibungkus dengan tortilla, taco kemudian dipanggang. Tak lupa ditambahkan keju di pinggirannya sebagai pemanis dan memberikan rasa gurih pada saat digigit.

Selain taco, masakan khas Meksiko yang disediakan di sini ialah Burritos. Burritos menggunakan flour tortilla atau kulit tortilla dari tepung gandum. Seperti taco, burritos berisikan sayuran dan daging sapi yang telah dibumbui cajun spice.

Sayuran dan olahan daging dicampur dengan menggunakan sour cream, yaitu saus yang terbuat dari susu segar dan jeruk limau. Quasedilla, sajian berikutnya yang menjadi khas restoran ini.

Bahan yang digunakan hampir sama dengan burritos. Namun terdapat keju di dalam quasedilla. Keju yang dipakai pun tak tanggung-tanggung, paduan keju mozarella dan cheddar. Keju menambah nikmat makanan yang berbentuk potongan seperti pizza tersebut.

Makin nikmat bila menyantap ketiga menu khas dengan saus. Terdapat tiga macam jenis saus khas yaitu saus salsa yang terbuat dari tomat yang dicampur tabasco, lalu saus guacamole yang berasal dari olahan alpukat, atau sour cream yaitu olahan susu segar dengan jeruk limau.

Berniat mencicipi ketiga menu khas Meksiko ini? Cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 untuk satu porsinya. Jika Anda mahasiswa, manfaatkan potongan langsung lima belas persen untuk semua jenis makanan hanya dengan menunjukan kartu mahasiswa. Nah, bila Anda tak begitu doyan daging sapi, bisa menggantinya dengan daging ayam

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com