Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Weekend Yuk ke Alas Purwo...

Kompas.com - 13/07/2012, 07:15 WIB

KOMPAS.com — Siapa bilang untuk menikmati satwa liar di padang sabana nan luas Anda harus jauh-jauh melancong ke Afrika. Jika Anda pencinta alam bebas dan satwa liar, liburan akhir pekan kali ini Anda bisa menyaksikan banteng, rusa, macan tutul, kucing bakau, ajag, sampai burung merak.

Semuanya berkeliaran memanjakan mata Anda di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur. Berkunjung ke Alas Purwo, jangan lupa membawa contekan rencana perjalanan tim "Weekend Yuk" Kompas TV.

Hari pertama di Taman Nasional, penyu-penyu lucu telah menunggu Anda di penangkaran penyu, Pantai Ngagelan. Jika Anda beruntung, Anda bisa ikut serta melepaskan anak-anak penyu yang berumur lima bulan ke pantai.

Dikelilingi dengan wilayah yang mayoritas hutan, Anda harus mencicipi tour de jungle Taman Nasional Alas Purwo ke wilayah Bedul. Dengan menggunakan perahu gondang-gandung, Anda akan diajak menyusuri Sungai Segoro Anak Bedul menuju hutan mangrove. Jangan cuma duduk manis di perahu, terjun langsung untuk ikut menanam mangrove.

Esok harinya, saatnya menuju padang penggembalaan Sadengan. Di sini Anda bisa menyaksikan secara langsung banteng jawa dan rusa berkeliaran di habitatnya. Sepintas hamparan sabana seluas 80 hektar ini akan membuat Anda seperti merasa di Afrika.

Di hari ketiga, Anda masih bisa merasakan unsur mistis yang masih sedikit melekat di hutan Alas Purwo. Terdapat 40 gua di wilayah taman nasional ini, seperti Gua Istana, Gua Macan, Gua Sendang Srengenge, Gua Padepokan, dan Gua Putri.

Bagi sebagian orang, mereka percaya bahwa gua-gua ini adalah tempat yang tepat untuk bermeditasi. Anda ingin mencoba? Kemudian, tutup akhir pekan Anda dengan kecantikan pasir putih di Pantai Pancur. Suasana yang tenang cocok sekali untuk bersantai.

Tak sabar berpetualang di Taman Nasional Alas Purwo? Saksikan program "Weekend Yuk" episode "Keindahan Alas Purwo" di Kompas TV yang tayang pada Sabtu (14/7/2012) pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live. Selamat menikmati akhir pekan Anda di Alas Purwo. Weekend Yuk! (Fitri Oktarini/Citrakalam Misiani/Desi Aritonang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com