Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Kantor, Langsung ke Pulau Komodo

Kompas.com - 14/07/2012, 07:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Jangan pulang dulu, langsung saja “ngacir” ke bandara. Lalu pasrahkan diri pada pesawat yang akan membawa Anda ke Pulau Komodo.

Sebuah pulau eksotis yang menawarkan ketegangan bertemu binatang purba nan buas. Sampai kecantikan pantai dan keindahan bawah lautnya.

Ya, kali ini, saatnya akhir pekan di Pulau Komodo. Cukup siapkan sejak jauh hari, tiket pesawat menuju Pulau Komodo dan akomodasi di Labuan Bajo.

Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Sebenarnya, kawasan taman nasional ini terdiri dari beberapa pulau. Tetapi ada dua pulau yang menjadi habitat komodo, binatang purba yang masih hidup di masa kini.

Tak perlu repot membawa beragam barang untuk wisata di TNK. Cukup bawa baju ganti, baju berenang, dan sepatu atau sandal untuk trekking. Tentu jangan lupakan obat-obatan pribadi.

Boleh juga membawa perlengkapan snorkeling pribadi seperti masker, snorkel, dan kaki katak. Sisa peralatan mandi bisa Anda beli di Labuan Bajo atau tersedia di hotel tempat Anda menginap.

Pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo adalah melalui Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika Anda dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat menuju Bandara Komodo di Labuan Bajo via Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Saat ini, maskapai yang melayani rute Jakarta-Labuan Bajo adalah Lion Air dan Merpati dengan transit di Denpasar. Harga tiket memang lumayan mahal, kisaran Rp 3 juta pulang-pergi. Pilihan lain adalah mengambil rute melalui Denpasar menuju Labuan Bajo.

Apalagi, Bandara Komodo di Labuan Bajo tidak bisa didarati pesawat di malam hari. Oleh karena itu, penerbangan dari Jakarta menuju Labuan Bajo hanya tersedia di pagi hari.

Bagaimana menyiasatinya? Pelesir terlebih dahulu di Bali, baru keesokan harinya Anda pergi ke Pulau Komodo. Boleh saja jika Anda baru berangkat ke Pulau Komodo di Sabtu pagi hari. Namun, sensasi “kabur” dari kantor tak bisa Anda rasakan.

Jumat. Di Bali, Anda sampai malam hari. Sesampai di bandara, Anda bisa naik taksi menuju kawasan Kuta dan Legian. Jangan mencari penginapan yang terlalu jauh dari bandara.

Pilih hotel di kawasan Tuban, Kuta, atau Legian. Namun, sebaiknya pilih hotel di kawasan Tuban. Anda bisa mencarinya di sepanjang Jalan Kartika Plaza. Jika terlalu mahal, coba telusuri gang-gang di seputaran jalan tersebut.

Masuk ke dalam gang, beberapa hotel melati menawarkan harga yang lebih murah dengan kisaran di bawah Rp 300.000. Setelah menaruh barang di hotel, lanjutkan menghabiskan malam di Pantai Kuta.

Pilihan lain, cobalah bersantai di Pantai Nusa Dua atau Pantai Jimbaran. Hanya saja, Anda harus mempertimbangkan waktu dan jaraknya. Jangan sampai kemalaman, sebab esok hari Anda harus mengejar pesawat menuju Labuan Bajo.

Sabtu. Pagi-pagi, saatnya naik pesawat dengan tujuan Bandara Komodo, Labuan Bajo. Lama tempuh perjalanan sekitar dua jam. Sesampai di Labuan Bajo, langsung ke hotel yang sudah Anda pesan sebelumnya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com