Menyantap Bubur Pedas Khas Berau di Tepian Sungai

Kompas.com - 17/07/2012, 07:36 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Jika bermalam di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, jangan lewatkan wisata kuliner di tepi Sungai Segah. Orang di sini biasa menyebutnya Tepian saja. Tepian menyajikan jajanan kuliner pada umumnya, seperti nasi goreng, roti bakar, pisang bakar.

Namun ada satu yang mungkin jarang Anda temui yakni Bubur Pedas. Bubur Pedas merupakan salah satu makanan khas Berau. Bubur ini terbuat dari beras yang disangrai terlebih dahulu. Kemudian diberi aneka rempah-rempah yang mengundang aroma nikmat. "Berasnya disangrai, bumbunya, semua bumbu masuk," terang Noridah salah satu penjual Bubur Pedas di Tepian.

Noridah menjelaskan, selain bumbu masak pada umumnya, bubur ini diberi campuran daun labu dan daun kacang panjang. Bubur juga dicampur dengan kelapa goreng dan santan. Bubur ini pun dimakan dengan campuran labu kuning, kacang tanah, kerang, dan ebi (udang kering). Kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng.

Rasanya begitu unik, semua bumbu terasa menggoyang lidah. Bubur ini tidak pedas seperti namanya, lho. Noridah pun mengatakan tidak tahu asal usul nama itu. "Bubur pedas sebutan dari nenek moyang zaman dahulu. Tidak diartikan pedas, hanya namanya saja," terang Noridah.

Semangkuk bubur pedas dihargai Rp 15.000. Sangat nikmat disantap selagi hangat.

Menurut Noridah, tak banyak yang menjual Bubur Pedas karena kebanyakan masyarakat di Berau adalah pendatang. Namun, Bubur Pedas akan banyak dihidangkan pada bulan puasa. Anda bisa menemukan bubur ini di Tepian yang terletak di Jalan Apetepranoto, Tanjung Redeb. Para penjaja kuliner di Tepian mulai membuka tenda-tenda dan kursi mereka pukul 16.00. Wisata kuliner malam ini buka hingga pukul 24.00. Tempat ini merupakan wisata kuliner malam sebelum mengunjungi Kepulauan Derawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X