Kompas.com - 17/07/2012, 16:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BERAU, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan kunjungan wisatawan ke Derawan meningkat dua kali lipat pada dua tahun mendatang. "Kita mempunyai target meningkatkan dua kali lipat wisman (wisatawan mancanegara) dari 2.200 orang menjadi 5.000 orang dan wisnus (wisatawan nusantara) 20 ribu menjadi 40 ribu," ujar Menparekraf, Mari Elka Pangestu di Pulau Derawan, Kalimantan Timur, Senin (16/7/2012).

Saat ini, menurut Mari, sedang diupayakan pengelolaan dan pengembangan yang baik di Kepulauan Derawan agar dapat meningkatkan minat pengunjung ke Derawan. Salah satunya adalah dengan Gerakan Indonesia Bersih. Dalam gerakan itu Mari mengajak masyarakat setempat unjuk ikut serta menjaga lingkungan.

Selain itu, dengan ditetapkannya Desa Wisata di Pulau Derawan, masyarakat setempat dibina untuk dapat mengelola daerah pariwisata di lingkungannya seperti mengelola tempat penginapan, kuliner, hingga membuat kerajinan.

Perkembangan lainnya adalah pembangunan terminal baru di Bandar Udara Kalimarau, Berau. Bandara Kalimarau juga dicanangkan untuk menjadi bandara international. Dengan begitu diharapkan dapat menyedot lebih banyak lagi wisatawan mancanegara menuju Kepulauan Derawan dan sekitarnya.

Namun, Mari berharap jika wisatawan ke Derawan meningkat dua kali lipat maka tidak meningkat pula sampah yang dibawa manusia. Juga banyak hal yang harus diperhatikan seperti adanya standar keselamatan berwisata di kepulauan.

"Dengan kenaikan dua kali lipat itu pasti ada hal yang harus kita perhatikan. Seperti kebersihan, itu yang harus kita jaga," katanya.

Dalam mengembangkan pariwisata di Derawan, saat ini pemerintah juga mengusung Sail Derawan 2013. Acara perlombaan maupun festival diharapkan dapat mempromosikan kawasan pariwisata di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.