Kompas.com - 17/07/2012, 19:19 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa tak kenal Taman Nasional Way Kambas dan gajah Lampung yang tenar itu? Hanya saja, Lampung lebih dari sekedar Way Kambas dan gajahnya.

“Lampung selama ini dikenal Way Kambas saja. Bahkan Gunung (Anak) Krakatau saja lebih dianggap sebagai Banten. Sesungguhnya kita punya Tanjung Setia yang sedang berkembang. Itu tempat surfing dan sedang berkembang,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung, Gatot Hudi Utomo, dalam jumpa pers mengenai Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2012, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Ia menambahkan bahwa Tanjung Setia didatangi turis mancanegara hingga mencapai 10 ribu per tahun. Selain itu, Lampung setiap tahunnya menggelar acara tahunan. Sayangnya, lanjut Gatot, Lampung kurang terekspos.

Oleh karena itu, ia berharap ajang TIME atau pameran Pasar Wisata Indonesia, dapat membuat Lampung semakin terekspos ke dunia, baik ke wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara. Sama seperti tahun lalu, Lampung menjadi tuan rumah TIME.

Gatot juga mengungkapkan terjadi peningkatan jumlah wisman yang datang ke Lampung. Di tahun 2010, kunjungan wisman mencapai 30 ribu. Sementara di tahun 2011 wisman sebesar 35 ribu. “Target kunjungan wisatawan di tahun 2012 sebesar 2 juta,” tuturnya.

Wisman yang berkunjung ke Lampung, menurut Gatot, didominasi oleh turis asal Australia. Sebagian besar turis Australia menyasar Tanjung Setia sebagai destinasi wisata.

TIME 2012 akan berlangsung di Graha Wangsa Bandar Lampung pada 9-12 Oktober 2012. Pameran tersebut menjadi ajang bagi para pelaku usaha pariwisata dan industri pendukungnya di Indonesia untuk mempromosikan berbagai produk dan jasa wisata dalam negeri kepada pebisnis pariwisata dari mancanegara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini merupakan TIME ke-18 dan diselenggarakan oleh Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, serta seluruh komponen pariwisata di indonesia.

Penyelenggaraan TIME tahun ini diramaikan pula oleh serangkaian acara menjelang TIME 2012, di antaranya Tapis Carnival, Festival Krakatau ke-22, Pagelaran Seni Budaya dari 20 provinsi di Indonesia, serta Tour Krakatau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.