Kompas.com - 19/07/2012, 13:45 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, menetapkan Pulau Derawan dan Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai desa wisata. Penetapan dilakukan, untuk mendukung pengembangan wisata bahari di kawasan pulau itu, dengan berbasis masyarakat.

Mari di Jakarta, Kamis (19/7/2012) ini, menyatakan, masyarakat harus dilibatkan secara aktif dalam mengembangkan kawasan wisata Pulau Derawan, terutama menumbuhkan kesadaran dalam mengendalikan lingkungan.

"Dengan terpeliharanya kawasan wisata, maka ekosistem yang hidup di kawasan wisata a kan tetap terpelihara sehingga menarik minat wisatawan untuk datang," ungkap Mari. 

Ia menambahkan, potensi yang dinikmati wisatawan di Pulau Derawan ini adalah wisata bawah lautdengan spot-spot diving sebagai daya tarik.

Pulau Derawan merupakan salah satu destinasi yang dikembangkan dengan pola DMO (Destination Management Organization ) sebagai kluster wisata bahari (cluster marine tourism).

Kemenparekraf bersama stakehoder pariwisata (Pemda, industri, dan masyarakat) tengah mengembangkan 15 destinasi DMO tersebar di seluruh Tanah Air.

Lima belas DMO ini terbagi dalam cluster heritage , cluster ecotourism, cluster geopark, serta cluster marine tourism seperti Pulau Derawan dan Raja Ampat di Papua Barat.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.