Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SDM Bidang Pariwisata Minim

Kompas.com - 20/07/2012, 18:59 WIB
Luki Aulia

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com -- Pariwisata di Pulau Komodo dan Flores, Nusa Tenggara Timur, secara umum kian berkembang. Jumlah wisatawan dalam negeri maupun luar negeri rata-rata naik setiap tahun. Namun hal itu tidak dibarengi dengan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata yang memadai.

Hal itu mengemuka dalam diskusi antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dengan para pemangku kepentingan bidang terkait di wilayah Flores, Jumat (20/7/2012) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores.

"Butuh SDM yang punya skill hospitality. Pelatihan hospitality itu seharusnya tidak sulit dan mencari pekerjaannya juga relatif mudah di daerah tujuan wisata," kata Mari.

Untuk meningkatkan kualitas SDM yang dibutuhkan perlu jenjang pendidikan khusus yang bisa dipenuhi dari sekolah menengah kejuruan dan sekolah tinggi pariwisata. Untuk itu Mari akan meminta bantuan dan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bisa membuka SMK atau program studi khusus pariwisata di Flores. "Kalau tidak SMK, bisa sekolah tinggi atau program D1, D2, atau D3 Pariwisata," ujar Mari.

Ketua Presidium Destination Management Organization (DMO) Flores Jachobus Mbira berharap ada jenjang pendidikan tinggi untuk bidang pariwisata dalam bentuk sekolah tinggi. Pasalnya, saat ini paling tidak sudah ada tiga SMK bidang pariwisata.

"Ini cara untuk meningkatkan kualitas kompetensi SDM kita. Ini investasi jangka panjang," kata Jachobus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com