Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Manusia Bisa Terbang dengan "Jet Pack"

Kompas.com - 23/07/2012, 21:01 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com ­Atraksi wisata terbaru di Australia yang satu ini cocok untuk penggemar wahana-wahana pemacu adrenalin. Sebuah perusahaan Australia baru-baru ini mengumumkan rencana peluncuran JetLev Flyer.

JetLev Flyer merupakan wahana bermesin yang dapat membawa manusia terbang. Mesin peluncur semacam jet bisa dipasangkan ke punggung seseorang seperti sedang membawa tas punggung. Oleh karena itu, mesin itu disebut jet pack.

Seperti dikutip dari situs berita News.com.au, pihak perusahaan telah melakukan demonstrasi penggunaan JetLev Flyer untuk meyakinkan pihak berwenang bahwa wahana tersebut aman.

"Ini atraksi unik dan jika sesuai dengan instruksi penggunaan yang tepat, alat ini akan banyak diminati," ungkap Central Coast Tourism Bussiness and Tourism Events Manager, Chris King.

JetPack Adventures, perusahaan milik Greg Weige yang mengeluarkan wahana tersebut, berharap dapat membuka pusat penerbangan di New South Wales, tepatnya di Sydney dan Central Coast, serta di Gold Coast pada musim panas ini.

Wahana ini dibuat oleh Raymond Li, seorang keturunan China berkewarganegaraan Kanada. Ia terinspirasi membuat wahana tersebut setelah melihat Sean Connery, aktor Inggris yang terkenal setelah membintangi film James Bond.

Dalam film James Bond berjudul Thunderball pada tahun 1965, sebuah adegan menampilkan Sean Connery terbang menggunakan jet pack. Li mengungkapkan, prototipe pada tahun 2008 dan perlu tiga tahun untuk menyempurnakannya. Tahun lalu, jet pack karya Li mulai masuk bisnis komersial.

Weige dan rekannya, Peter Vail, membeli dua JetLev jet pack. Kedua mesin ini dapat meluncur hingga 10 meter di atas air dan melaju dengan kecepatan 45 kilometer per jam.

Harga mesin tersebut 150.000 dollar AS. Setiap JetLev digerakkan dengan mesin seperti jet ski, tetapi berukuran kecil yang dipasangkan ke sebuah tas punggung yang dilengkapi tabung panjang.

"Saya merasa seperti astronot," kata Weige, yang mendapatkan pelatihan untuk menerbangkan JetLev di Eropa, tempat mesin tersebut dibuat.

Dalam situs resmi perusahaan JetPack Adventures, harga untuk penerbangan solo dibanderol sebesar 249 dollar AS. Harga ini berlaku untuk paket dasar yang meliputi pelatihan dengan instruktur dalam sesi 90 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com