Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Hari di Pantai Papuma...

Kompas.com - 25/07/2012, 07:55 WIB

KOMPAS.com - Ingin melihat kabut di balik batu karang yang besar-besar? Datanglah pagi hari sebelum pukul 08.00 WIB  ke Pantai Papuma, Jember, Jawa Timur. Di pagi hari Anda akan mendapat suguhan eksotis pemandangan yang memesona turunnya kabut di balik batu karang. Kabut ini akan menghilang sekitar pukul 10.00 Wib di saat cuaca cerah dan langit biru.

Tiket masuk cukup Rp 7.000 per orang untuk masuk kawasan pantai  tersebut. Setelah melewati pintu masuk, perjalanan kita melewati medan terjal beraspal yang di kanan kirinya terdapat hutan jati dan pohon tropis. Sesekali kelihatan monyet bergelantungan di pohon atau burung-burung berterbangan.

Pantai Papuma bisa dicapai dari Kota Surabaya menuju Kota Jember sekitar lima jam perjalanan dengan jarak 200 kilometer. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah selatan melewati Kecamatan Ambulu sekitar 35 kilometer. Sepanjang perjalanan sebelum mencapai tujuan Anda juga akan melewati kebun tembakau Na Oogst  bahan cerutu dan gumuk-gumuk atau gunung kecil yang menghijau asri.

Pantainya yang putih bersih, batu karang berlumut hijau, deburan ombak laut selatan berwarna biru dan kabut putih dibalik batu karang menjadi perpaduan yang memesona untuk dinikmati di Pantai Papuma yang memiliki singkatan Pasir Putih Malikan. Malikan berarti batu besar yang terdapat di sebelah selatan Tanjung Papuma.

Pantai Papuma sebenarnya paling indah diabadikan pas matahari terbit atau sunrise. Tapi karena wilayah Jawa Timur sunrise-nya mulai terbit pukul 05.00 WIB lebih cepat dibanding Jakarta. Sehingga Anda harus bersiap di pantai ini sejak dini hari. Untuk memudahkan pemotretan, Anda bisa bermalam di  guest house yang dikelona Perhutani dengan tarif Rp 300.000 per malam.

Untuk fotografer yang ingin hunting foto, untuk melihat Papuma dari semua sudut pandang, ada gunung kecil yang bisa didaki sekitar  lima puluh meter tingginya yang dinamakan Siti Inggil. Dari sini pesona batu-batu karang Papuma dan kegiatan perahu nelayan mencari ikan bisa terekam dengan jelas. Mengabadikan nelayan yang sedang melipat jaring atau baru turun dari melaut memiliki keasyikan sendiri.

Bagi penikmat laut berjalan-jalan di pasirnya yang putih sambil merasakan kaki tersiram ombak pantai selatan yang gemuruh juga menjadi kenikmatan tersendiri. Setelah puas bermain ombak Anda juga bisa langsung minum air kelapa muda dan makan ikan bakar yang lansung dibeli dari nelayan di warung-warung ikan yang tersedia di pantai ini.

Jika air sedang surut, Anda juga bisa bermain di batu karang yang kecil di tengah laut. Disini bisa juga mencari kerang laut atau kepiting kecil yang berlari di sela-sela karang yang berlumut hijau. Sedangkan jika waktu pasang, Anda kalau berani bisa naik di batu karang yang besar sambil melihat ombak menghantam karang-karang besar. Masyarakat  Jember juga memiliki kepercayaan untuk tidak memakai baju hijau dan merah pergi ke pantai selatan ini yang konon akan disambar ombak dan menjadi pelayan Nyai Loro Kidul.

Bagi pemula untuk mencapai lokasi Pantai Papuma, dari Kota Surabaya ada bus umum patas dengan ongkos Rp 50.000 menuju  Jember. Anda harus turun di Terminal Bus Tawang Alun Jember. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan desa ke Kecamatan Ambulu dengan ongkos Rp 10.000. Menuju Pantai Papuma, Anda harus menyewa ojek sekitar Rp 15.000. (Asita DK Suryanto; email: asita@djojokoesoemo.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com