Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Perempuan Pedang" Amerika Terjun ke Olimpiade

Kompas.com - 25/07/2012, 22:26 WIB
Anmaria Redi Pinta Dasyanti

Penulis

NEW YORK, Kompas.com - Cabang olahraga anggar yang dipertandingkan dalam Olimpiade 2012 akan dihiasi dengan aksi atlet asal Amerika, Mariel Zagunis. Atlet cantik ini adalah perempuan kelahiran Beaverton, Oregon, 27 tahun lalu.

Jika kebanyakan atlet menggunakan tangan kanannya untuk memegang pedang anggar, lain halnya dengan Zagunis. Ia dikenal sebagai 'the left-handed' karena menggunakan tangan kirinya untuk memegang pedang anggar saat bertanding.

Sejarah mencatatkan bahwa Zagunis merupakan pemenang medali emas pertama di Olimpiade 2004, Athena. Hal ini merupakan catatan yang luar biasa bagi Amerika setelah 100 tahun bertanding di cabang olahraga anggar.

Jika dilihat dari latar belakang kedua orangtuanya yang merupakan atlet mendayung dalam Olimpiade 1976, tak heran jika bakat olahraga tersebut menurun ke Zagunis, walaupun dalam cabang olahraga yang berbeda.

Gelar juara dunia pernah diraihnya pada tahun 2009 dalam kejuaraan yang diadakan oleh Federasi Internationals d'Escrime's (FIE). Tahun 2010 Zagunis juga pernah menjadi juara dunia dalam sebuah pertandingan anggar. Karena prestasinya tersebut, Amerika mengharapkan Zagunis memperoleh emas di Olimpiade 2012 mendatang.

"Semua orang tidak akan merasa rugi," Kata Zagunis kepada Reuters. Selain tidak ingin mengecewakan Amerika, ia juga mengatakan bahwa ia berniat untuk mengikuti ajang Olimpiade 2016 yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brasil.

Olimpiade 2012 di London kali ini adalah Olimpiade ketiga yang diikuti oleh Zagunis. Di Amerika, olahraga anggar memang kurang populer, terutama di kalangan anak muda.

"Saya pikir anggar kurang populer di Amerika Serikat. Orang lebih memilih pergi ke perguruan tinggi, belajar, menyelesaikan pendidikan mereka, lalu setelah itu 'selamat datang di dunia yang sebenarnya'," kata Zagunis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com