Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Jalan-jalan Sore di London

Kompas.com - 26/07/2012, 16:16 WIB
Susi Ivvaty

Penulis

LONDON, KOMPAS.com- Musim panas tahun ini luar biasa bagi London. Ada Olimpiade, Ramadhan, dan siang hari yang panjang, yang berarti puasa yang panjang pula, mencapai 19 jam.

Pukul 20.00 masih sangat terang karena waktu berbuka puasa atau maghrib sekitar pukul 21.00. Maka itu, jalan-jalan sore menjelang berbuka puasa di London sebenarnya adalah jalan-jalan malam.

Jalan di sepanjang Oxford Street, Regent Street, di seputaran Picsadilly Circus, Leicester Square, China Town, terus hingga ke kawasan Soho, hiruk pikuk oleh manusia. Bagi sebagian Londoners, ngobrol santai sambil minum bir menjadi pilihan seusai bekerja. Mereka memenuhi kafe-kafe di kawasan Soho dengan busana beraneka ragam mulai gaya punk hingga gaun-gaun anggun.

Jangan heran kalau melihat pasangan kekasih yang berciuman bahkan selama 30 detik di tengah jalan di Soho. Nikmati saja pemandangan itu.

Soho memang pusat hiburan yang "membebaskan" di London, lengkap dengan deretan bar, restoran, pub, dan teater.

Bagi turis, tempat nongkrong paling asyik adalah lokasi-lokasi yang ikonik di ruang publik. Hasan (45), warga Pakistan, misalnya, memilih duduk-duduk di seputaran Piccadilly Circus, ruang terbuka di perempatan jalan di Westminster yang dibangun tahun 1819.

"Saya sedang menunggu teman. Tempat yang paling pas untuk janjian ya di Piccadilly, sebab semua orang pasti tahu," kata Hasan, yang datang ke London untuk urusan pekerjaan sekaligus berlibur, seperti dilaporkan wartawan Kompas Susi Ivvaty, Kamis (26/7/2012).

Leicester Square riuh sekali sore kemarin, sehari menjelang pembukaan Olimpiade 2012. Riuhnya jalan rupanya menarik pencopet untuk beraksi. Mendadak beberapa polisi berlarian dan "hup", seorang pencopet tertangkap lantas digiring masuk ke mobil berjeruji.

"Sekarang memang lagi musim copet. Lagi rame, apalagi ada Olimpiade," kata Firdaus, penjual masakan Indonesia di China Town. Uh, sungguh sore yang seru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com