Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata, Sumber Ekonomi Penduduk Jayawijaya

Kompas.com - 30/07/2012, 14:54 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penduduk setempat yang tinggal di sekitar daerah wisata, merupakan potensi yang dapat menghidupkan daerah wisata itu sendiri. Seperti penuturan Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, dalam acara jumpa pers Festival Budaya Lembah Baliem, di Gedung Sapta Pesona, Jumat (27/7/2012), yang menyatakan bahwa masyarakat setempat punya peranan yang cukup besar dalam membantu pelestarian nilai-nilai kebudayaan.

"Mereka yang disana itu tidak banyak memahami tentang pariwisata tetapi mereka tahu pariwisata memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup bagi masyarakat itu sendiri," kata Wempi.

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah wisata, sumber ekonomi masyarakat sebagian besar berasal dari sektor wisata.

"Pariwisata industri yang tidak berasap tetapi dia mampu menghasilkan uang setiap hari," ungkap Wempi.

Wempi menegaskan bahwa pemerintah tidak dapat menyiapkan uang setiap saat kepada rakyat, tetapi pariwisata mampu melakukan itu.

Penduduk setempat berperan dalam memperkenalkan dan membawa nama baik daerah wisata yang ada di sekitarnya, seperti halnya penduduk yang berada di Kabupaten Jayawijaya yang sebagian wilayahnya ialah pegunungan.

Menurut Wempi, sebagian penduduk menjadi guide para turis yang datang, serta ada juga yang menjual kerajinan tangan sebagai cenderamata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com