Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapsan, Kereta Super Cepat St Petersburg-Moskwa

Kompas.com - 03/08/2012, 11:23 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan wisata dari St Petersburg menuju Moskwa, Rusia bisa dilalui dengan berbagai aneka pilihan transportasi yakni menggunakan bus, atau pesawat terbang, kereta api reguler bahkan kereta super cepat Sapsan.

Apabila naik kereta api reguler bisa memakan waktu sekitar 9 jam, berangkatnya pun malam hari sekitar pukul 23.00. Namun dengan kereta super cepat Sapsan, perjalanan dari St Petersburg menuju Moskwa bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam.

Harga tiket kereta super cepat Sapsan 2.453 Rubel atau Rp 723.635. Kalau Anda menggunakan kereta reguler yang menghabiskan waktu 9 jam itu hanya bertarif 1.750 Rubel atau sekitar Rp 520.000.

Yang menarik, di dalam kereta saat perjalanan dari St Petersburg menuju Moskwa, saya bisa menikmati panorama selama kereta melaju dengan nikmat tanpa suara berisik dan kursi yang nyaman, nyaris tanpa goyangan berarti. Sehingga saya bisa mengambil gambar alias foto dengan leluasa. Padahal saat itu kecepatan kereta berkisar 230 kilometer per jam.

Di dalam kereta tersedia fasilitas peturasan yang nyaman dan bersih, ada lemari untuk menggantungkan jas ataupun jaket sehingga berjajar rapi.

Anda juga bisa membeli makanan kudapan ataupun cemilan. Jadi Anda tak perlu repot bila belum sarapan sewaktu berangkat. (Itta Wijono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com