Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata di Negeri Sendiri Memang Nikmat...

Kompas.com - 03/08/2012, 18:42 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menggalakkan program nikmatnya jalan-jalan di negeri sendiri untuk meningkatkan wisatawan domestik yang melakukan jalan-jalan di dalam negeri.

Jumlah wisatawan setiap tahunnya terus meningkat terutama pada saat libur Lebaran, Natal, tahun Baru dan Imlek. Pada tahun 2012, Kemenparekraf menargetkan perjalanan wisatawan lokal mencapai 245 juta perjalanan.

Menurut penuturan Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Gedung Sapta Pesona, Rabu (1/8/2012), wisatawan yang paling banyak melakukan jalan-jalan berasal dari provinsi di Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan DKI Jakarta.

Meski demikian, berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), ternyata pertumbuhan jalan-jalan di dalam negeri dari semester pertama 2011 hingga semester pertama 2012 tertinggi berasal dari daerah di luar Jawa, yaitu Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan 48,93 persen.

Selain itu, beberapa provinsi lain yang pertumbuhan jalan-jalannya cukup tinggi yaitu Kalimantan Tengah, Papua Barat, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Sebab, kata Mari, hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor diantaranya karena kenaikan pendapatan daerah pada provinsi tersebut.

"Itu merupakan provinsi yang mengalami kenaikan pendapatan karena komoditi, perkembangan ekspor, sehingga meningkatnya jalan-jalan di dalam negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com