Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Terbitkan Peta Mudik Plus Paket Wisata

Kompas.com - 03/08/2012, 19:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menerbitkan peta resmi jalur mudik lebaran yang dilengkapi dengan paket wisata menarik.

"Mudik saat Hari Raya Lebaran sudah menjadi tradisi bangsa kita untuk senantiasa menjalin tali silaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman. Kami berharap tradisi mudik dan berwisata ini bisa menjadi sarana untuk mengenal dan mengapresiasi keindahan Tanah Air serta meningkatkan kebanggaan terhadap Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis (22/8/2012).

Oleh karena itulah, Kemenparekraf bekerja sama dengan sejumlah pihak menerbitkan peta resmi jalur lebaran yang diharapkan dapat mempermudah perjalanan masyarakat ketika mudik.

Selain itu, penawaran paket-paket di dalamnya juga diharapkan dapat memobilisasi masyarakat untuk menikmati tujuan-tujuan wisata favorit tanpa kesulitan. "Pada 2011 ada lebih dari 15 juta orang mudik ke daerahnya, ini potensi yang luar biasa untuk menggerakkan pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Menurut Mari, sebagian besar masyarakat yang mudik umumnya akan mengisi waktu dengan mengunjungi tempat wisata setempat dan membeli oleh-oleh atau cenderamata.

"Keberadaan peta mudik yang memberikan informasi mengenai jalur dan obyek wisata tentu akan sangat membantu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat," katanya.

Peta mudik 2012 memuat jalur lebaran Sumatera-Jawa-Bali dengan sejumlah paket wisata yang ditawarkan meliputi paket wisata Aceh, paket wisata Medan, paket wisata Padang, paket wisata Jogja, paket wisata lebaran di Bali, paket wisata Pesona Bali, paket wisata Batam, dan paket wisata Dataran Tinggi Dieng.

Peta tersebut juga dilengkapi dengan nomor telepon penting serta lokasi tempat istirahat dan pelayanan lain. Peta itu bisa didapatkan di berbagai tempat publik termasuk kantor Kemenparekraf secara gratis dan mulai didistribusikan sejak awal Ramadhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com