9 Kiat Agar Menginap di Hotel Jadi Berkesan

Kompas.com - 12/08/2012, 14:03 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan wisata, hampir seperempat waktu dalam sehari dihabiskan di hotel. Anda tentu ingin mendapatkan kesan yang baik saat menginap di hotel tersebut.

Namun, kejadian buruk kadang tak dapat dihindarkan. Entah hotel melati maupun hotel bintang lima menjadi pilihan Anda, pengalaman tak mengenakan bisa terjadi. Agar terhindar dari kesan-kesan tak menyenangkan saat menginap di hotel, berikut panduan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menginap.

Keamanan. Saat menginap di hotel bintang lima sekalipun, biasakan mengunci kamar hotel Anda. Juga kunci dengan pengait rantai. Pengamanan dua lapis lebih baik daripada hanya satu lapis.

Pisahkan kunci Anda dengan benda-benda penting lainnya atau jangan dimasukan ke dalam dompet. Selain itu, jangan menyebut nomor kamar Anda ke orang lain ataupun menyebutnya dengan suara lantang. Jadikan nomor kamar Anda sebuah rahasia.

Gunakan kotak penyimpanan (safe deposit box) dengan kunci pengaman untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Jangan letakan barang berharga begitu saja di dalam kamar.

Kebersihan. Saat masuk ke kamar pertama kali, kamar memang biasanya sudah bersih dan rapi. Namun, jangan lupa petugas yang membersihkan kamar begitu sibuk sehingga kadangkala melupakan beberapa hal.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan diumumkan di American Society for Microbiology pada Juni 2012, terungkap bahwa saklar lampu dan remote televisi merupakan dua benda yang banyak terkontaminasi oleh bakteri.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melap terlebih dahulu remote televisi dan saklar lampu dengan tisu basah. Serta beberapa titik seperti gagang pintu dan telepon.

Biasakan pula untuk mencuci cangkir yang tersedia di dalam kamar sebelum digunakan, pun peralatan makan lainnya. Walaupun Anda menginap di hotel bintang sekalipun. Juga cuci terlebih dahulu termos listrik maupun wadah kopi untuk mesin coffee maker.

Cek kamar. Pernah mengalami, saat sudah asyik tidur-tiduran di kamar dan pendingin ruangan tak kunjung juga menghasilkan kamar yang dingin? Nah, jika hal ini terjadi, sebaiknya cek kamar sesaat setelah Anda masuk dan menaruh barang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X