Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penginapan di Pulau Derawan Laris

Kompas.com - 16/08/2012, 20:24 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BERAU, KOMPAS.com-Penginapan dan cottage di obyek wisata Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, laris manis saat libur Lebaran kali ini. Tingkat keterisian kamar pun mencapai 100 persen.

Hasanul Arif, Manajer Beach Cafe and Cottage Derawan, mengatakan, tingkat keterisian kamar 100 persen sejak H-2 sampai H+5. Terdapat 24 kamar di cottage tersebut. Mereka pelanggan kami yang sudah memesan kamar sejak Januari dan Februari lalu, ujar Arif, Kamis (16/8/2012) malam.

Meski demikian bukan berarti tak ada lagi tempat bagi wisatawan. Sebab, di Pulau Derawan terdapat tiga cottage dan 108 penginapan di rumah warga (homestay).

Paket wisata di Kepulauan Derawan, memang menggoda wisatawan, terutama wisatawan asing. Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, ini terdiri atas pulau utama yakni Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua. Semua menyimpan pesona kekayaan bawah laut yang menakjubkan.

Di perairan Derawan, wisatawan bisa berenang dan snorkeling sembari melihat terumbu karang yang indah, dengan ikan-ikan berwarna-warni. Jika beruntung, wisatawan berpapasan dengan penyu berukuran besar berumur puluhan tahun.

Di Derawan pula, penyu-penyu hijau sering naik ke pasir pantai untuk bertelur terutama saat musim bertelur pada Juli-September. Sangalaki adalah pulau tempat konservasi penyu. Wisatawan juga bisa berenang dan snorkeling menemani ubur-ubur tanpa sengat di Danau Kakaban.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com