Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Harga Tiket Bus Ekonomi Membumbung

Kompas.com - 16/08/2012, 20:28 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa tarif tetap bus ekonomi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sesuai dengan KM 1 No 2009 mengenai batas tarif atas dan tarif bawah. Namun dari pantauan Kompas.com di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (16/8/2012), masih banyak ditemukan di lapangan mengenai harga tiket bus ekonomi AKAP yang terus melonjak.

Kenaikan harga ini dirasakan Saipul, warga asal Lampung. Dia mengaku biasa ke Lampung menggunakan bus ekonomi Putri Candi seharga Rp 85 ribu. Namun sekarang, harga tiketnya Rp 200 ribu. Meski berat, dia mengaku pasrah karena sudah terbiasa dengan kenaikan harga jelang Lebaran.

Selain itu ada Engkus (36), warga asal Kuningan, Cirebon, Jawa Barat. Dia biasa naik bus ekonomi dengan harga tiket Rp 35 ribu. Namun jelang Lebaran naik menjadi Rp 80 ribu.

Kepala Terminal AKAP Terminal Kalideres Hengky Sitorus mengatakan kenaikan harga tersebut sudah tidak normal. Jika dihitung sesuai harga tarif atas dan bawah ditambah dengan uang tol dan kenaikan harga mudik Lebaran sebesar 30 persen, itu sudah kelewat batas.

"Jika terjadi seperti itu seharusnya laporkan ke pihak terminal, posko-posko keamanan dan kepada petugas dishub yang ada. Kami akan berikan sanksi tegas," kata Hengky.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com