Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Merapi Singgahi Sejumlah Desa Wisata

Kompas.com - 17/08/2012, 13:01 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Kegiatan reli wisata tahunan "Tour de Merapi" pada 2012 akan kembali digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Acara tahunan Tour de Merapi tahun ini akan kembali digelar pada 9 September. Pelaksanaan tahun ini akan lebih menarik lagi karena rute akan melewati sembilan desa wisata di Sleman," kata Kasi Informasi dan Dokumentasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Wasita, Kamis (16/8/2012).

Menurut Wasita, kegiatan yang ditargetkan diikuti sekitar 600 kendaraan roda dua ini akan menempuh jarak 100 kilometer melewati sembilan desa wisata di wilayah Sleman.

"Desa wisata yang akan dilalui peserta adalah Desa Wisata Grogol Seyegan, Desa Wisata Gamplong Moyudan, Desa Wisata Brajan Turi, Desa Wisata Tanjung Ngaglik, Desa Wisata Kadisobo Sleman, Desa Wisata Brayut Sleman, dan Desa Wisata Pentingsari Cangkringan," paparnya.

Ia mengatakan, start akan dilangsungkan di Lapangan Pemda Sleman, Beran, Tridadi dan finish di Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan. "Reli wisata ’Tour de Merapi’ kali ini dirancang khusus untuk pengendara sepeda motor dengan pertimbangan kendaraan roda dua ini cukup populer dan dapat digunakan segala usia, murah, serta fleksibel," katanya.

Wasita mengatakan, tujuan utama kegiatan ini sebagai bentuk promosi desa wisata di Kabupaten Sleman. "Acara yang dimulai pukul 06.00 WIB tersebut mewajibkan pengendara tertib berlalu lintas, sehingga harus melengkapi surat-surat kendaraan bermotor serta menggunakan kelengkapan berkendara," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, dapat mendaftarkan diri di Desa Wisata Pentingsari, Disbudpar Kabupaten Sleman, "Tourist Information Center" (TIC) Malioboro, dengan biaya pendaftaran Rp 100.000 per motor. "Peserta akan mendapatkan fasilitas jaket, kaos, konsumsi, asuransi, serta kartu doorprize," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com