Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Keraton Yogyakarta Dipadati Wisatawan

Kompas.com - 21/08/2012, 15:38 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Museum Pagelaran dan Siti Hinggil Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat pada hari ketiga Lebaran, Selasa (21/8/2012), dipadati wisatawan domestik maupun asing. "Sampai pukul 12.00 WIB tiket masuk sudah habis terjual 20 bendel (setiap bendel terdiri atas 100 lembar tiket)," kata Tepas Keprajuritan Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat, Inggar Pikantoyo, di Yogyakarta.

Inggar yang ditemui di sela kesibukannya melayani pembelian tiket, mengatakan, menyambut Lebaran tahun ini museum buka mulai Senin (20/8/2012) lalu. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke museum ini rata-rata 2.000 orang per hari.

"Dibandingkan dengan jumlah pengunjung selama bulan Ramadhan sangat jauh, karena setiap satu bendel tiket baru habis dua sampai tiga hari, dan pada hari biasa jumlah pengunjung antara 1.000 hingga 1.500 orang per hari," katanya.

Menurut Inggar, selama masa libur seperti libur hari raya dan libur sekolah, museum ini selalu banyak pengunjungnya antara 2.500 hingga 3.000 orang per hari.

Ia menyebutkan sebagian besar pengunjung adalah wisatawan domestik, dan sebagian lagi wisatawan asing dari negara-negara Eropa.

Pihak keraton memperkirakan jumlah wisatawan asing yang mengunjungi museum ini selama Lebaran lebih banyak dari hari biasa. "Kebetulan saat ini di Eropa sedang musim liburan, sehingga turis yang berkunjung bertambah, kalau hari biasa antara 20 hingga 30 orang, tetapi saat ini antara 50 hingga 70 orang," katanya.

Inggar menyebutkan harga tiket masuk Rp 3.000 per orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan asing Rp 5.000 per orang.

Menurut Inggar, museum Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki koleksi sejumlah foto Sultan terdahulu, dan kereta, pakaian adat serta peralatan upacara. Juga terdapat relief mengenai perjuangan Pangeran Mangkubumi, dan relief tentang perjuangan Sri Sultan Hamengku Buwono terdahulu.

Ia mengatakan di kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat terdapat tiga museum, dua lainnya yakni Museum Keraton dan Museum Kereta, dimana pada nasa liburan seperti sekarang selalu dipadati wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

"Biasanya puncak kunjungan ke museum sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, kemudian setalah istirahat sekitar pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB kembali ramai," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com