Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Prambanan Senang Pakai Sarung

Kompas.com - 21/08/2012, 17:17 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com — Aturan harus mengenakan kain sarung bagi pengunjung Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, disambut antusias wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata tersebut. "Saya tidak keberatan dengan kewajiban memakai sarung ini. Ini sesuatu yang positif, apalagi kain sarung bermotif batik yang cantik," kata Tina, wisatawan asal Jambi, di Candi Prambanan, Senin (20/8/2012).

Menurut Tina, dirinya bersama dengan enam temannya asal Jambi tidak merasa ribet saat harus mengenakan kain sarung tersebut. "Ini kain sarung kan sudah disiapkan dari pihak pengelola, jadi tidak ada masalah dan tidak terlalu ribet," katanya.

Wakil Kepala Unit PT Taman Wisata Candi Prambanan, Retno Jati, mengatakan, pemakaian kain sarung bagi wisatawan ini sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan untuk Candi Prambanan. "Selain itu, juga untuk memperkenalkan batik dan budaya asli Indonesia," katanya.

Reno mengemukakan, pengelola Candi Prambanan telah menyiapkan lebih dari 5.000 kain sarung batik yang dipinjamkan secara cuma-cuma untuk pengunjung. "Kain batik yang dipilih untuk sarung ini bermotif ’Pintu Retno’ yang telah berusia 100 tahun," katanya.

Program ini berlaku untuk seluruh pengunjung, termasuk wisatawan asing. "Sedangkan untuk anak-anak yang belum akil balik tidak diwajibkan untuk mengenakan sarung saat memasuki area Candi Prambanan. Namun, tidak sedikit pula anak-anak yang justru merengek minta pakai sarung," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com