Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Daerah Rawan Kebakaran di Jakarta!

Kompas.com - 24/08/2012, 18:39 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya kebakaran di Ibukota belakangan ini sudah meresahkan. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu meminta warga untuk waspada, terutama yang tinggal di daerah rawan kebakaran.

"Ada 56 wilayah rawan kebakaran di Jakarta," kata Paimin di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Jakarta, Jumat (24/8/2012).

Menurut data yang berhasil diperoleh, berikut daerah-daerah rawan kebakaran tersebut:

Jakarta Pusat: Tanah Tinggi, Galur, Kebon Kosong, Karang Anyar, Kebon Melati, Kebon Kacang, Jati Bunder, dan Kramat.

Jakarta Utara: Penjaringan, Kamal Muara, Kapuk Muara, Pademangan Barat, Cilincing, Kali Baru, Sukapura, Warakas, Kebon Bawang, dan Koja.

Jakarta Barat: Krendang, Kali Anyar, Jembatan Besi, Tambora, Duri Utara, Tangki, Jelambar Raya, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Palmerah Barat, Kapuk, Cengkareng, Semanan, dan Kalideres.

Jakarta Selatan: Manggarai Selatan, Manggarai, Bukit Duri Selatan, Pejaten Timur, Mampang Prapatan, Cipete Utara, Gandaria Utara, Kebayoran Lama Utara, Petukangan Utara, Petukangan Selatan, Grogol Utara, Karet Belakang, dan Pancoran.

Jakarta Timur: Jatinegara Kaum, Kayu Manis, Lubang Buaya, Halim, Kampung Makasar, Kebon Pala, Kramat Jati, Kampung Tengah, Susukan, Ciracas, dan Gedong.

Selain itu, ada juga yang dapat dikatakan daerah super rawan kebakaran. Daerah super rawan itu ada di 35 daerah. Salah satunya daerah Tambora di Jakarta Barat.

Terakhir kebakaran terjadi di Tambora pada Jumat ini, sekitar pukul 03.45 WIB. Kebakaran tersebut menghanguskan lima RT di Kelurahan Tanah Sereal.

Paimin mengatakan kebakaran yang sering terjadi di wilayah ini terutama disebabkan oleh padatnya penduduk dan sistem instalasi listrik yang tidak sesuai.

"Jadi sering terjadi arus pendek aliran listrik," ujar Paimin.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Metro Jaya mencatat sudah ada 66 kali peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro yakni Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Peristiwa kebakaran ini terjadi dalam kurun waktu 21 Juli-20 Agustus 2012. Khusus di Jakarta Barat, lebih dari 33 kali peristiwa kebakaran dalam kurun waktu itu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com