Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Jepang di Bukittinggi Dipenuhi Wisatawan

Kompas.com - 24/08/2012, 18:51 WIB

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Obyek wisata Lubang Jepang di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (24/8/2012), dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Ramainya pengunjung ke kawasan obyek wisata dengan panorama alam Ngarai Sianok yang dilatarbelakangi Gunung Singgalang dan Tandikek tersebut menyebabkan antrean di pintu masuk.

Parjoko, pengujung dari Bandar Jaya, Lampung, mengatakan dirinya sengaja datang ke Bukittinggi untuk menikmati keindahan alam di kota itu. "Berlibur ke Bukittinggi ini sudah lama diinginkan. Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah ini momentum yang sangat tepat untuk berlibur," katanya.

Pengujung lainnya dari Siantar, Sumatera Utara, L Harahap, menyebutkan, berlibur ke Bukittinggi guna menikmati keindahan alam di Panorama Lubang Jepang, yang terdapat Nagari Sianok yang sangat indah. "Tiap tahun dan tiap hari raya kita sering datang ke Bukittinggi. Paling tidak berkunjung ke Bukittinggi ini dua kali dalam setahun," katanya.

Seorang petugas pintu masuk obyek wisata Panorama Lubang Jepang, Sawal, menyebutkan wisatawan yang datang berkunjung ke Lubang Jepang pada hari libur lebaran mencapai ribuan orang sehari. Menurut Sawal, wisatawan berasal dari dalam dan luar Sumatera Barat. "Dari luar Sumatera Barat didominasi wisatawan dari Pekanbaru, Riau," ujarnya.

Wisatawan yang ramai ke Bukittinggi tanpa disertai adanya tempat parkir yang representatif membuat kendaraan roda empat milik pengunjung berjejer di sepanjang jalan obyek wisata itu. Kendaraan roda empat yang parkir di sepanjang jalan membuat jalan menjadi sempit sehingga menimbulkan kemacetan di ruas jalan di kota wisata itu.

Pengunjung yang datang ke Bukittinggi terkonsentrasi di kawasan taman Jam Gadang dengan latar belakang tiga gunung, Gunung Merapi, Singgalang dan Tandikek.

Ketinggian daerah sekitar 780-950 meter dari permukaan laut dengan suhu berkisar 16,1 sampai 24,9 derajat Celcius sehingga Kota Bukittinggi memiliki udara yang sangat sejuk membuat pengunjung senang datang ke Bukittinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com