Kompas.com - 26/08/2012, 23:35 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com- Wisata alam dengan menyusuri Sungai Hitam di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ternyata lebih diminati wisatawan asing ketimbang wisatawan lokal.

"Bisa dibilang, saya malah lebih banyak mengantarkan wisatawan asing menyusur Sungai Hitam ini. Sayang juga potensi Sungai Hitam malah kurang dilirik wisatawan lokal," ujar Zakir, Minggu (26/8/2012).

Zakir adalah warga Samboja yang biasa menjalankan perahu kayu bermotor untuk mengantar wisatawan berkeliling Sungai Hitam.

Daniel Kaskoyo, salah satu pengunjung berpendapat, wisata Sungai Hitam mengasyikkan. Sebab, kawanan bekantan di atas mangrove bisa jelas dilihat. "Hanya, kawasan ini kesannya kok kurang dikemas sebagai tujuan wisata," ucap Daniel.

Selain bekantan, di Sungai Hitam bisa dilihat juga biawak dan aneka burung. Biawak di sini pun unik, karena juga suka berada di atas pohon.

Selain menyusur Sungai Hitam, di tengah perjalanan wisatawan juga bisa membeli ikan, kepiting, cumi-cumi, dan udang segar yang baru ditangkap dari Selat Makassar. Adapun Sungai Hitam berjarak sekitar 50 km dari Kota Balikpapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.