Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iga dalam Aneka Balutan Rasa

Kompas.com - 29/08/2012, 08:24 WIB

BOSAN dengan ketupat dan opor, kini saatnya Anda merasakan nikmatnya iga sapi yang diolah dengan berbagai bahan dan bumbu. Lembutnya daging dipadu dengan segar kuah sup atau pedas sambal terasi. Rasanya menjanjikan sensasi yang tak terlupakan di ujung lidah.

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, nikmat olahan iga sapi bisa didapatkan di banyak tempat, salah satunya di Warung Léko. Ada setidaknya sembilan lokasi Warung Léko di Jakarta, di antaranya di Pantai Indah Kapuk, Citywalk Sudirman, Puri Indah, dan Jalan Raya Pemuda. Di sekitar Jakarta, Anda bisa menemukan Warung Léko di Bintaro, Serpong, Bogor, dan Bekasi.

Pesanan iga penyet diantar oleh pelayan di Warung Léko Puri Indah, Jakarta Barat. Harum aroma tiga potong besar iga sapi di atas cobek berisi sambal terasi menggelitik hidung. Taburan bawang goreng di atas iga kian menerbitkan air liur.

Begitu masuk ke mulut, terasa iga yang lembut, lunak, dan gurih. Untuk sambal, pengunjung bisa memesan sambal yang tidak terlalu pedas hingga sambal yang ekstra pedas.

Tak hanya iga penyet, Warung Léko juga menyajikan iga dalam berbagai masakan. Misalnya iga dan otot penyet, iga goreng tepung penyet, iga goreng, iga goreng tepung, sup iga, sup iga sumsum, sup iga otot, iga bakar, iga hot plate, dan oseng iga cabai hijau.

Sup iga yang disajikan di Warung Léko juga lezat. Iga empuk dalam kuah segar dengan potongan daun bawang, perasan jeruk nipis, dan sambal cocok disantap di segala suasana.

Harganya pun relatif terjangkau. Untuk seporsi iga penyet harganya Rp 29.000. Iga goreng dan sup iga juga sama, Rp 29.000 per porsi.

Saus madu

Ingin coba rasa lain? Silakan datang ke Warung Tekko, Flavor Bliss Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan. Ada kelezatan dan keempukan daging iga bakar saus kacang atau madu, penyet, dan garang asem yang menanti Anda.

Asap mengepul dari tatakan hot plate membuat ruangan tampak berkabut. Sekilas dari asap itu tercium harumnya bau bumbu dapur seperti jinten, ketumbar, merica, dan bawang putih. Tak sabar ingin menikmati masakan berwarna coklat mengilap balutan saus madu.

Coba juga iga bakar saus kacang. Tulang iga ukuran 15-20 sentimeter itu diselimuti bumbu kacang yang sudah dicampur bumbu dapur lainnya. Rasa kacang tanahnya kental, membuat kita ingin segera menikmati.

Bagi mereka yang menginginkan asam, pedas, asin, dan manis dalam satu rasa, nikmatilah iga garang asem. Dalam masakan ini iga bakar berenang dalam air yang penuh cabai besar merah dan hijau. Rasa asam berasal dari cuka menjadi satu dengan asam dan manis dari potongan tomat sayur hijau dan nanas. Sebagai pelengkap manis, masakan ini ditambah gula pasir.

Syamsuri (35), warga Gading Serpong, bersama dua temannya memilih makan di tempat yang sudah lebih dari tiga tahun beroperasi di tempat itu. ”Kalau di sini banyak pilihan masakan iganya,” ujar Syamsuri yang dibenarkan kedua temannya.

Bagi penggemar masakan berbumbu dan pedas, bisa mencoba iga rica-rica yang disajikan di Restoran Sop Iga Jakarta, Jalan Boulevar, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lokasinya tepat di seberang Mal Kelapa Gading.

Iga rica-rica ini dimasak dan ditumis dengan bumbu sambal yang mantap. Cabai pada bumbu tak digiling terlalu halus, melainkan agak kasar. Menu ini pun jadi bertabur biji-biji cabai yang bercampur tomat dan beberapa bumbu yang dihaluskan.

Ingin tambah kuah, menurut supervisor Restoran Sop Iga Jakarta, Untung Riyanto, pengunjung tinggal minta saja kuah sop iga. (FRO/PIN/MDN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com