Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans Mentawai Akan Dibangun di Mentawai

Kompas.com - 31/08/2012, 11:38 WIB

PADANG, KOMPAS.com -  Pemerintah Kabupaten Kepuluan Mentawai, Sumatera Barat, akan membangun Trans Mentawai untuk mengatasi keterisoliran daerah.

"Pemkab Mentawai tidak akan pernah pasrah dengan kondisi ini, kita akan membuka keterbelakangan itu dengan rencana Trans Mentawai, sebagai solusi untuk kemajuan kabupaten ini," kata Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat dikonfirmasikan melalui telepon dari Padang, Jumat (31/8/2012).

Menurut dia, Pemkab Mentawai tidak ingin lagi ada daerah yang masih terisolir, dan sulit dijangkau warga masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung.

"Untuk mengejar ketertinggalan itulah, maka dibangun Trans Mentawai, sehingga beberapa daerah dapat dijangkau," katanya.

Ada tiga pulau besar yang akan diprioritaskan sebagai Trans Mentawai oleh pemerintah.

"Dua dan tiga dermaga kapal Ferri, menjadikan interkoneksi dari tiga pulau besar tersebut, yakni Sikakap, Pagai dan Sipora,"ujar Yudas Sabaggalet.

Ia mengatakan rencana Trans Mentawai itu telah dibicarkan sampai ke pemerintah pusat. Anggaran Untuk trans Mentawai diperkirakan sekitar Rp600 miliar.

"Pemkab Mentawai berharap dukungan dana APBN agar Trans Mentawai dapat terealisasikan," katanya.

Menurut dia, jika Trans Mentawai teralisasi dan didukung pemerintah pusat, mobilisasi warganya bisa cepat dan potensi ekenomi pertanian, kerajinan maupun pariwisata bisa dimaksimalkan.

"Orang tidak perlu lagi menunggu kapal ke Sikakap adanya jalan antar pulau yang disambung dengan kapal Ferri mereka bisa setiap waktu berhubungan antar pulau," katanya.

Dia menambahkan, sementara itu untuk Bandara Rokot yang landasannya sudah diperpanjang menjadi 800 meter harus memberikan sharring ke Pemkab Mentawai.

"Selama ini sharing bandara yang dikelola Pemprov Sumbar itu baru berupa keterbukaan daerah, belum ada sharring pendapatan ke APBD Mentawai," sebutnya.

Sementara itu tokoh muda Mentawai Ferdinan berharap rencana Trans Mentawai dari pemerintah jangan sekedar wacana.

"Selama ini rakyat kabupaten ini selalu dijanjikan oleh wacana tanpa ada realisasi konkret," tuturnya.

Menurutnya, kalau memang ada rencana Trans Mentawai sebaiknya pemerintah segera melaksanakan.

"Trans Mentawai memberikan dampak sangat besar bagi perekonomian masyarakat Mentawai,"katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com