Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Wisata ke Luar Angkasa Gratis?

Kompas.com - 01/09/2012, 09:00 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Virgin Airlines memberikan promo menarik bagi pelanggannya yang mengumpulkan frequent flier miles. Tak tanggung-tanggung, tawaran tersebut adalah kesempatan untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Miliuner asal Inggris, Richard Brandson, dan perusahaan wisata luar angkasa miliknya, Virgin Galactic, telah merencanakan penerbangan ke luar angkasa sejak tahun 2004, seperti dikutip dari U.S. News & World Report.

Sejak tahun 2005, lebih dari 520 orang, termasuk aktor Hollywood Ashton Kutcher, telah memberikan uang deposit untuk perjalanan ke luar angkasa SpaceShipTwo. Harga untuk tur ini sebesar 200 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar.

Hanya saja, Virgin sampai saat ini belum menerbangkan satu turis pun ke luar angkasa. Walaupun, pesawat tersebut telah lolos uji coba. Seperti dikutip dari CNN, menurut Bronson, pesawat luar angkasa milik Galactic tersebut siap mengangkut penumpang yang membayar pada Desember 2013.

Ia menuturkan kedua anaknya akan menemaninya dalam perjalanan pertama kali SpaceShipTwo. Perjalanan tersebut merupakan penerbangan sub-orbital selama dua jam.

"Penerbangan pertama tersebut berupa penerbangan sub-orbital. Penerbangan ini akan memberikan penumpang sensasi berada di luar angkasa. Dari situ, kami akan kembangkan penerbangan orbital dan mungkin suatu hari hotel di luar angkasa," ungkap Bronson kepada CNN.

Pesawat "Mission: Galatic" milik Virgin Airlines menawarkan pelanggan Virgin America, Virgin Atlantic, dan Virgin Australia untuk mengumpulkan frequent flier miles sampai Agustus 2013, untuk dapat merasakan penerbangan sub-orbital. Poin akan diberikan untuk setiap pembelian tiket pesawat menggunakan tiga maskapai Virgin Airlines tersebut.

Walaupun hadiah utama dari pengumpulan poin ini adalah perjalanan ke luar angkasa, pemenang kedua juga akan mendapatkan hadiah. Juara kedua akan mendapatkan hadiah berupa perjalanan berada di grativasi nol, yang merupakan hadiah dari ZERO-G.

Wisata luar angkasa sendiri bukanlah ide baru. Bahkan, diskusi mengenai industri pariwisata luar angkasa telah berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Carissa Bryce Christensen dari Tauri Group, seperti dikutip oleh Florida Today, reservasi untuk perjalanan sub-orbital sudah mencapai 900 reservasi.

Harga untuk sekali perjalanan tersebut rata-rata 200 ribu dollar AS. Beberapa, calon penumpang telah membayar penuh untuk reservasi tersebut. Sementara beberapa orang lainnya baru memberikan uang deposit sebesar 20 ribu dollar AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com