Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Domestik Dominasi Wisata MICE NTB

Kompas.com - 08/09/2012, 06:26 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Pulau Lombok tengah mengembangkan diri sebagai destinasi wisata MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition).

"MICE kita (Lombok) sejak tiga tahun ini lumayan bagus," ungkap Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB, Awanadhi Aswinabawa saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/9/2012) malam.

Ia mengungkapkan, tahun 2011, NTB kedatangan 862 ribu wisatawan. Sekitar 260 ribu merupakan wisatawan mancanegara (wisman) dan sisanya adalah wisatawan nusantara (wisnus).

"Dari wisnus, 50 persennya datang untuk MICE," tuturnya.

Hal itu berarti terdapat lebih dari 300 ribu yang merupakan wisatawan MICE asal Indonesia. Walapun, lanjut Awanadhi, agenda yang digelar baru berskala kecil.

Ia menjelaskan sepanjang tahun 2011, NTB menjadi tuan rumah acara berskala nasional dan regional. "Jumlah event yang digelar tahun itu ada 30 event," katanya.

Lombok juga telah memiliki ballroom baru yang dapat menampung hingga 2.500 orang. Lalu terdapat dua lapangan golf di Lombok. Untuk masalah akomodasi, beberapa event menyiasatinya dengan konsep homestay.

"Rumah penduduk disulap jadi akomodasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com