Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencium Asap Sate Ini, Perut Langsung Keroncongan

Kompas.com - 09/09/2012, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini saya bersama beberapa teman mengunjungi Rumah Makan Sate Anda di Jl. Kali Abang Bungur Raya No.1-6, Bekasi. Saat itu jalanan di depan rumah makan cukup padat dan agak macet karena jalanan ini banyak dilewati angkot yang biasa ngetem sembarangan. Saya sempat bingung… wah mau parkir dimana nih? Ternyata teman saya yang sudah jadi langganan tempat ini dengan santai membelokkan mobil ke jalan yang ada di samping warung tersebut. Ternyata di belakang warung ini ada tempat parkir yang cukup luas yang disediakan khusus untuk pengunjung.

Setelah memesan makanan, kami memilih tempat duduk di sisi pojok. Wah... rasanya perut semakin keroncongan mencium bau asap sate yang sedang dibakar. Untungnya pesanan kami segera datang, sate ayam bumbu kacang, sate kambing bumbu kecap, tongseng kambing dan sop kambing dan tak ketinggalan nasi putih, so tunggu apa lagi, ayo makan!

Daging sate ayamnya lembut dan bumbu kacangnya agak sedikit pedas dengan taburan bawang goreng, begitu juga sate kambingnya, lembut dengan bumbu kecap yang sederhana ditambah potongan tomat, cabe dan bawang mentah. Tongseng kambingnya juga enak, dagingnya empuk dan rasa kental kuahnya pas ditambah taburan bawang goreng dan daun bawang. Sama seperti tongseng, rasa sop kambingnya juga pas dan baunya harum dengan tampilan yang cantik menggugah selera.

Rumah makan Sate Anda milik Haji Mohammad Thohir Murtado ini sudah ada sejak tahun 1978, namun menempati lokasi yang berbeda tapi masih di daerah Kali Abang dan baru pada tahun 1982 pindah ke tempat ini hingga  sekarang. Sate Anda buka jam 10 setiap harinya dan menghabiskan sekitar 10 ekor kambing dan 15 ekor ayam, sedangkan untuk akhir pekan biasanya jumlahnya bisa bertambah.

Sate Anda biasanya ramai pada saat makan siang dan makan malam, pada saat kami datang tadi banyak sekali pesanan sate untuk dibungkus. Saat kami sudah selesai makan, menjelang jam 12 siang para pengunjung sudah mulai berdatangan, kebanyakan para karyawan dari perusahaan dan pabrik yang ada di sekitar daerah bekasi.

Saat meninggalkan Rumah Makan Sate Anda, matahari tepat berada diatas kepala, teriknya benar-benar menyengat. Ah, yang penting perut kenyang hati pun senang… (Tata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com